PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KOMITMEN ORGANISASI, DAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR TERHADAP KINERJA PEGAWAI FEB

  • Anak Agung Inten Damaryanthi P.S Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Anak Agung Sagung Kartika Dewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, komitmen organisasi, dan organizational citizenship behavior (OCB) terhadap kinerjan pegawai Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Penelitian ini menggunakan sampel jenuh, dimana seluruh populasi penelitian akan dipilih menjadi sampel yaitu sebanyak 47 orang karyawan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini teknik analisis linier berganda dengan bantuan Software Package for Social Science (SPSS) for Windows. Hasil dari penelitian menunjukkan kecerdasan emosional, komitmen organisasi, dan organizational citizenship behavior (OCB) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Penelitian ini menunjukkan pegawai yang memiliki kecerdasan yang tinggi akan lebih optimal dalam menunjukkan kinerja mereka. Pegawai yang memiliki komitmen organisasi yang tinggi terhadap tempat ia berkerja akan menunjukkan kinerja yang mengalami peningkatan. Keadaan ini juga dibarengi dengan sikap pegawai yang memiliki organizational citizenship behavior (OCB) yang tinggi terhadap tempat ia berkerja maupun pada pegawai lainnya akan menunjukkan  kinerja yang meningkat serta sikap yang lebih mudah bergaul, ramah, dan lebih dapat menerima pekerjaan yang ia dapatkan tanpa banyak mengeluh dan membantah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-02-15
How to Cite
INTEN DAMARYANTHI P.S, Anak Agung; SAGUNG KARTIKA DEWI, Anak Agung. PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KOMITMEN ORGANISASI, DAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR TERHADAP KINERJA PEGAWAI FEB. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 5, n. 2, feb. 2016. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/15685>. Date accessed: 27 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

kecerdasan emosional, komitmen organisasi, dan organizational citizenship behavior (OCB)