PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED DAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN TUNAI DENGAN LIKUIDITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING

  • Dwi Varanty Marleadyani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Gusti Bagus Wiksuana

Abstract

EVA dan IOS diduga tidak linier pengaruhnya pada kebijakan dividen tunai karena adanya faktor lain yang menjadi pemoderasi salah satunya adalah likuiditas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh EVA dan IOS Terhadap Kebijakan Dividen Tunai dan  untuk mengetahui Likuiditas memperkuat atau memperlemah pengaruh EVA dan IOS terhadap kebijakan dividen tunai. Penelitian ini menggunakan sampel dan menganalisis terhadap laporan keuangan perusahaan manufaktur dalam periode 2013.Menggunakan data kuantitatif dan kualitatif dengan sumber data sekunder dari Bursa Efek Indonesia. Data telah di uji dan memenuhi uji asumsi klasik serta uji kesesuaian model dengan adjusted R2 = 56%, selanjutnya dilakukan uji hipotesis penelitian menggunakan teknik analaisis regresi linear berganda dan teknik Moderated Regression Analysis.Hasil pengujian menunjukkan bahwa EVA berpengaruh positif terhadap kebijakan dividen tunai dan IOS berpengaruh negatif terhadap kebijakan dividen tunai. Likuiditas memoderasi EVA terhadap kebijakan dividen tunai dan likuiditas tidak mampu memoderasi IOSterhadap kebijakan dividen tunai.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-01-14
How to Cite
VARANTY MARLEADYANI, Dwi; BAGUS WIKSUANA, I Gusti. PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED DAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN TUNAI DENGAN LIKUIDITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 5, n. 1, jan. 2016. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/15684>. Date accessed: 24 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

EVA ,IOS,Kebijakan Dividen tunai

Most read articles by the same author(s)