PERAN EMOSI POSITIF DALAM MEMEDIASI STORE ATMOSPHERE TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF (Studi Pada Konsumen Matahari Department Store Duta Plaza Denpasar)

  • Kadek Trisna Dewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Gusti Ayu Ketut Giantari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran emosi positif dalam memediasi pengaruh store atmosphere terhadap pembelian impulsif studi pada konsumen Matahari Department Store Duta Plaza Denpasar. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Matahari Department Store Duta Plaza Denpasar yang pernah melakukan pembelian impulsif. Ukuran sampel yang diambil sebanyak 70 orang, dengan metode non probability sampling khususnya purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis SEM berbasis component atau variance yaitu PLS (Partial Least Square) dengan bantuan software SmartPLS 3.1.3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa store atmosphere memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif dan emosi positif, serta emosi positif memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif. Hasil perhitungan menunjukkan bentuk mediasi parsial yang berarti emosi positif memediasi secara parsial pengaruh store atmosphere terhadap pembelian impulsif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-12-13
How to Cite
DEWI, Kadek Trisna; GIANTARI, I Gusti Ayu Ketut. PERAN EMOSI POSITIF DALAM MEMEDIASI STORE ATMOSPHERE TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF (Studi Pada Konsumen Matahari Department Store Duta Plaza Denpasar). E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 4, n. 12, dec. 2015. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/15433>. Date accessed: 28 mar. 2024.
Section
Articles

Keywords

store atmosphere, emosi positif, pembelian impulsif