SIKAP BERWIRAUSAHA MEMEDIASI LOCUS OF CONTROL DAN NORMA SUBYEKTIF DENGAN NIAT BERWIRAUSAHA (Studi:Mahasiswa Program Diploma Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana)

  • Anggara Reza Aditya Putra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Ketut Rahyuda Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Ni Nyoman Kerti Yasa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui niat untuk berwirausaha dari mahasiswa Program Studi Diploma Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Beberapa faktor yang digunakan untuk menjelaskan niat berwirausaha diantaranya adalah locus of control, norma subyektif dan sikap berwirausaha. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Diploma FEB Unud Denpasar. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 110 responden dengan menggunakan teknik probability sampling, khususnya Proportionate Stratified Random Sampling. Data yang telah dikumpulkan diolah dengan menggunakan teknik analisis jalur (Path Analysis). Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan ketiga variabel bebas (locus of control, norma subyektif, dan sikap berwirausaha) berpengaruh signifikan pada niat berwirausaha mahasiswa Program Studi Diploma FEB Unud. Pengujian secara parsial menjelaskan bahwa ketiga variabel juga berpengaruh secara positif signifikan terhadap niat berwirausaha baik secara langsung ataupun tidak langsung.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-12-13
How to Cite
PUTRA, Anggara Reza Aditya; RAHYUDA, Ketut; KERTI YASA, Ni Nyoman. SIKAP BERWIRAUSAHA MEMEDIASI LOCUS OF CONTROL DAN NORMA SUBYEKTIF DENGAN NIAT BERWIRAUSAHA (Studi:Mahasiswa Program Diploma Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana). E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 4, n. 12, dec. 2015. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/15118>. Date accessed: 24 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

locus of control, norma subyektif, sikap berwirausaha, niat berwirausaha

Most read articles by the same author(s)