PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN TURNOVER INTENTION PADA CV. GITA KARYA PERSADA DENPASAR

  • Ni Kadek Novalia Citra Dewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Made Subudi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja karyawan, dan turnover intention, pada CV. Gita Karya Persada. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif,  menggunakan metode kuantitatif serta mengunakan metode sensus dalam menentukan sampel. Kuesioner digunakan sebagai instrumen utama penelitian ini dan analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan siginfikan terhadap kepuasan kerja karyawan sebesar 33,1 persen. Kepemimpinan transformasional berpengaruh negatif dan siginfikan terhadap turnover intention. Dengan pengaruh langsung sebesar 3 persen. Dan pengaruh tidak langsung sebesar 9 persen. Total pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap turnover intention sebesar 90 persen. Kepuasan kerja berpengaruh negatif dan siginfikan terhadap turnover intention dengan besar pengaruh langsung sebesar 77 persen.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-12-13
How to Cite
DEWI, Ni Kadek Novalia Citra; SUBUDI, I Made. PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN TURNOVER INTENTION PADA CV. GITA KARYA PERSADA DENPASAR. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 4, n. 12, dec. 2015. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/15044>. Date accessed: 18 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

kepemimpinan transformasional, kepuasan kerja, turnover intention.