PENGARUH LIKUIDITAS, LEVERAGE, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, DAN PROFITABILITAS TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BEI

  • Komang Ayu Novita Sari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Luh Komang Sudjarni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu pengaruh likuiditas, leverage, pertumbuhan perusahaan, dan profitabilitas terhadap kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur  di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2010-2013. Penelitian ini dilakukan berdasarkan informasi yang  didapatkan melalui Bursa Efek Indonesia.   Penelitian ini menggunakan metode observasi non-participant dan penelitian kepustakaan Prosedur penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan manufaktur yang tercatat aktif di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2010 hingga 2013 dengan sampel 10 perusahaan. teknik analisis yang digunakan Analisis berganda. Hasil penelitian Likuiditas (CR), Leverage (DER), Growth (TA) berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen pada perusahaan maufaktur di Bursa Efek Indonesia dan Profitabilitas (ROA) tidak berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen pada perusahaan maufaktur di Bursa Efek Indonesia ,saran yang dapat disampaikan bagi  pihak investor yang akan menginvestasikan dananya disarankan untuk lebih cermat dalam menganalisa dan memperhatikan kinerja perusahaan sehingga tidak terpengaruh oleh peningkatan pembayaran dividen yang semu.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-10-13
How to Cite
NOVITA SARI, Komang Ayu; SUDJARNI, Luh Komang. PENGARUH LIKUIDITAS, LEVERAGE, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, DAN PROFITABILITAS TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BEI. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 4, n. 10, oct. 2015. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/14595>. Date accessed: 01 may 2024.
Section
Articles

Keywords

Likuiditas (CR), Leverage (DER), Pertumbuhan Perusahaan (Growth), Profitabilitas (ROA) kebijakan dividen