Pengaruh Keadilan Distributif dan Komitmen Organisasi Terhadap Turnover Intention pada Maxi Hotel, Restaurant and Spa di Legian

  • Cok Istri Vitri Pariatiningsih Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Wayan Mudiartha Utama

Abstract

Turnover intention merupakan keinginan karyawan untuk berhenti dari pekerjaannya karena niat pindah ke perusahaan lain. Tingkat turnover yang tinggi akan mempengaruhi perusahaan dan memberikan dampak negatif. Perlu diperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi turnover intention di dalam perusahaan. Tujuan penelitian ini guna mengetahui pengaruh keadilan distributif dan komitmen organisasi dengan turnover intention. Penelitian ini dilakukan di Maxi Hotel, Restaurant and Spa. Sampel yang digunakan sejumlah 72 orang karyawan, metode yang digunakan adalah non probability sampling, khususnya sampling jenuh. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan survey. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini berupa teknik analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa keadilan distributif dan komitmen organisasi berpengaruh negatif pada turnover intention. Hal ini menunjukkan jika semakin tinggi keadilan distributif serta tingginya komitmen organisasi karyawan akan berdampak semakin rendahnya tingkat turnover intention karyawan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-11-26
How to Cite
PARIATININGSIH, Cok Istri Vitri; UTAMA, I Wayan Mudiartha. Pengaruh Keadilan Distributif dan Komitmen Organisasi Terhadap Turnover Intention pada Maxi Hotel, Restaurant and Spa di Legian. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 4, n. 11, nov. 2015. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/14510>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

keadilan distributif, komitmen organisasi, turnover intention