PERAN BRAND IMAGE MEMEDIASI PENGARUH KREDIBILITAS CELEBRITY ENDORSER TERHADAP PURCHASE INTENTION (Studi Pada Produk Kosmetik Etude House di Kota Denpasar)

  • Gusti Ayu Theoria Dei Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Putu Gde Sukaatmadja Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Kebutuhan untuk tampil cantik dan menarik dengan menggunakan produk kosmetik, kini tengah menjadi perhatian remaja putri. Seiring dengan pesatnya perkembangan produk kosmetik, maka perusahaan kosmetik memiliki tujuan pemasaran untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dengan sasaran agar konsumen puas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran brand image dalam memediasi pengaruh kredibilitas celebrity endorser terhadap purchase intention pada produk kosmetik Etude House di Kota Denpasar. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja putri yang merupakan masyarakat di Kota Denpasar di mana remaja putri ini memiliki niat membeli produk kosmetik Etude House. Ukuran sampel yang diambil sebanyak 100 responden, dengan metode non probability sampling khususnya insidental dan purposive sampling menggunakan analisis PLS (Partial Least Square). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kredibilitas celebrity endorser memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention dan brand image. Variabel brand image memediasi secara parsial pengaruh kredibilitas celebrity endorser terhadap purchase intention. Bentuk partial mediation ini menunjukkan bahwa brand image bukan satu-satunya pemediasi hubungan kredibilitas celebrity endorser terhadap purchase intention namun terdapat faktor pemediasi lain.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-05-10
How to Cite
THEORIA DEI, Gusti Ayu; SUKAATMADJA, I Putu Gde. PERAN BRAND IMAGE MEMEDIASI PENGARUH KREDIBILITAS CELEBRITY ENDORSER TERHADAP PURCHASE INTENTION (Studi Pada Produk Kosmetik Etude House di Kota Denpasar). E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 4, n. 5, may 2015. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/11603>. Date accessed: 19 aug. 2022.
Section
Articles

Keywords

produk kosmetik, kredibilitas celebrity endorser, brand image, purchase intention