PERAN KETERLIBATAN KONSUMEN DALAM MEMODERASI PENGARUH CAUSE-RELATED MARKETING TERHADAP LOYALITAS SABUN MANDI MEREK LIFEBUOY DI KOTA DENPASAR

  • Ida Ayu Cynthia Saisaria Mandasari Fakultas Ekonomi Universitas Udayana
  • Ni Made Rastini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Salah satu bentuk strategi dari corporate social responsibility adalah cause-related marketing.  Dengan terlaksananya kegiatan cause-related marketing, diharapkan konsumen menjadi loyal terhadap suatu merek. dapat meningkatkan loyalitas merek. Dengan adanya keterlibatan konsumen dapat meningkatkan pengaruh cause-related marketing terhadap loyalitas merek. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dan menjelaskan peran keterlibatan konsumen dalam memoderasi pengaruh cause-related marketing terhadap loyalitas sabun mandi merek lifebuoy di Kota Denpasar.

Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang memakai produk sabun mandi Lifebuoy di Kota Denpasar. Pada penelitian ini yang digunakan metode penentuan sampel adalah purposive sampling, sehingga memperoleh responden sebanyak 110 orang. Teknik analisa yang digunakan adalah Analisis Faktor, Regresi Moderasi, Uji Asumsi Klasik, Uji F, dan Uji t.

Dari hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa secara simultan cause-related marketing dan keterlibatan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek; secara parsial cause-related marketing dan keterlibatan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek; dan variabel keterlibatan konsumen bisa menjadi variabel moderating cause-related marketing dan loyalitas merek.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-04-02
How to Cite
SAISARIA MANDASARI, Ida Ayu Cynthia; RASTINI, Ni Made. PERAN KETERLIBATAN KONSUMEN DALAM MEMODERASI PENGARUH CAUSE-RELATED MARKETING TERHADAP LOYALITAS SABUN MANDI MEREK LIFEBUOY DI KOTA DENPASAR. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 4, n. 4, apr. 2015. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/11577>. Date accessed: 28 mar. 2024.
Section
Articles

Keywords

Keterlibatan Konsumen; Cause-Related Marketing; Loyalitas Merek.