Wanprestasi pada Perjanjian Jual Beli Tanah dan Rumah antara Kedua Belah Pihak

  • Joshua Pandapotan Hae Mahasiswa
  • I Gusti Ngurah Dharma Laksana

Abstract

ABSTRAK


 Hasil pembahasan ini bertujuan mengenai adanya kesepakatan jual beli tanah dan rumah yang akan memberikan gambaran yang berkaitan dengan perlindungan hukum konsumen di Indonesia. Pembahasan menggunakan metode penelitian hukum normatif. Dari pembahasan ini menjelaskan mengutamakan melalui undang-undang hukum itu ada. Pembahasan ini memakai sumber hukum yaitu peraturan perundang-undangan dan sekunder berupa tertulis dan karya jurnal yang mengenai hukum. Berdasarkan hasil studi yang dapat ditarik konklusi bahwa wanprestasi pada perjanjian jual beli tanah dan rumah antara kedua belah pihak terindikasi adanya perbuatan melawan hukum. Hal tersebut terjadi karena adanya pelanggaran pada perjanjian awal yang telah disepakati dengan pembeli. Dan hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa di atas dampak dari kasus wanprestasi disini sangat merugikan dari pihak yang bersangkutan atas dilakukan pihak tersebut sehingga tidak dapat memenuhi kewajibannya karena tidak adanya itikad baik dari penjual untuk melaksanakan atau menyelesaikan isi dari perjanjian yang telah disepakati bersama. Adanya itikad baik akan muncul seiring dengan hak kebendaan dalam kaitannya dengan cara memperoleh suatu hak milik sesuai dengan prinsip hukum perjanjian di Indonesia.


 Kata kunci: Kesepakatan, Perlindungan Hukum, Wanprestasi.


 ABSTRACT


 The results of this discussion are aimed at the existence of a land and house sale and purchase agreement that will provide an overview related to consumer legal protection in Indonesia. The discussion uses normative legal research methods. From this discussion, it is explained that prioritizing through the law exists. This discussion uses legal sources, namely statutory regulations and secondary in the form of writing and journal works concerning law. Based on the results of the study, it can be concluded that the default in the sale and purchase agreement of land and houses between the two parties is an indication of an unlawful act. This happened because of a violation of the initial agreement that had been agreed with the buyer. And the results of this study explain that the impact of the default case here is very detrimental to the party concerned for being carried out by the party so that it cannot fulfill its obligations due to the lack of good faith from the seller to carry out or complete the contents of the mutually agreed agreement. Tdche existence of good faith will appear along with material rights in relation to how to obtain a property right in accordance with the principles of contract law in Indonesia.


Keyword: Deal, Legal Protection, Wanprestasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-05-17
How to Cite
HAE, Joshua Pandapotan; LAKSANA, I Gusti Ngurah Dharma. Wanprestasi pada Perjanjian Jual Beli Tanah dan Rumah antara Kedua Belah Pihak. Kertha Negara : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 133-142, may 2022. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthanegara/article/view/73759>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles