Merancang dan Mengimplementasi Modul Praktikum Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro di Jurusan Teknik Elektro dan Komputer Universitas Udayana

  • Achmad Bahri Universitas Udayana
  • Lie Jasa Universitas Udayana
  • Yanu Prapto Sudarmojo Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang suatu modul praktikum PLTMH kemudian mengimplementasi modul tersebut dengan menyusun  petunjuk-petunjuk praktikum serta melakukan pengukuran. Data hasil pengukuran dalam pembahasan didapatkan dari prototipe praktikum Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) yang di desain. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan tiga jenis turbin, yaitu turbin sudu setengah lingkaran, turbin sudu segitiga, dan turbin sudu sirip. Hasil pengukuran tersebut dibahas dan dianalisis dengan menggunakan rumus dan program komputer Ms. Excel. Prosedur pengukuran dalam praktikum PLTMH dirancang untuk mengetahui prinsip kerja prototype PLTMH dengan mengukur Arus (I), Tegangan (V), Daya (P), Debit Air  (Q), Putaran Turbin (nt), dan Putaran Generator (ng) dengan sudut nozzle 100, 150, 200, 250, 300, 350, dan 400 untuk setiap percobaan, dengan tiga macam jenis sudu turbin, serta dapat menentukan efisiensi dan regulasinya. Berdasarkan hasil pengukuran dari prototype PLTMH yang telah dirancang, efisiensi turbin pada masing-masing sudu mencapai titik tertinggi pada sudut 300. Pada sudut tersebut, efisiensi turbin sudu setengah lingkaran sebesar 0.26, turbin sudu segitiga sebesar 0.46 dan efisiensi turbin sudu sirip sebesar 0.38. Sehingga dari ketiga jenis sudu turbin tersebut, tingkat efisiensi turbin yang paling baik berdasarkan hasil pengukuran dari prototype yang telah dirancang adalah turbin sudu segitiga yang nilai efisiensinya sebesar 0.46 atau 46%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Achmad Bahri, Universitas Udayana
Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Udayana
Lie Jasa, Universitas Udayana
Dosen Jurusan Teknik Elektro Dan Komputer Universitas Udayana
Yanu Prapto Sudarmojo, Universitas Udayana
Dosen Jurusan Teknik Elektro Dan Komputer Universitas Udayana

References

[1] Jasa, L., “Mengatasi Krisis Energi Dengan Memanfaatkan Aliran Pangkung Sebagai Sumber Pembangkit Listrik Alternatif”. Bali: Universitas Udayana. 2010.
[2] Jasa, L., Ardana, P., Setiawan, I. N. Usaha Mengatasi Krisis Energi Dengan Memanfaatkan Aliran Pangkung Sebagai Sumber Pembangkit Listrik Alternatif Bagi Masyarakat Dusun Gambuk –Pupuan, Tabanan. in Proceding Seminar Nasional Teknologi Industri XV, ITS, Surabaya, pp. B0377–B0384, 2011
[3] Weking, dkk., Modul Simulasi Kontrol Hidro Power Untuk Praktikum Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Udayana, 2015.
[4] Djiteng, M., Pembangkitan Energi Listrik, Jakarta: Erlangga, 2005.
[5] Djiteng, M.,Operasi Sistem Tenaga Listrik, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.
[6] Suparyawan, D, P, D., Studi Perencanaan Pembangkit Listrik Mikrohidro Di Desa Sambangan Kabupaten Bulelen Bali. Bali: Universitas Udayana.2013.
[7] Larasakti, dkk. “Pembuatan dan Pengujian Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro Turbin Banki Daya 200 Watt”. Makasar: Universitas Hasanudin, 2012.
Published
2017-08-31
How to Cite
BAHRI, Achmad; JASA, Lie; SUDARMOJO, Yanu Prapto. Merancang dan Mengimplementasi Modul Praktikum Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro di Jurusan Teknik Elektro dan Komputer Universitas Udayana. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, [S.l.], v. 16, n. 2, p. 43-47, aug. 2017. ISSN 2503-2372. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jte/article/view/ID24171>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MITE.2017.v16i02p08.

Keywords

PLTMH; Prosedur Praktikum; Sudu Turbin; Efisiensi