Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Tenaga Kerja Berbasis Web Menggunakan Metode Simple Additive Weighting Pada PT. Solusi Lintas Data Cabang Bali

  • M. Ardi Fermanta Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Univeritas Udayana
  • I Made Arsa Suyadnya Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Univeritas Udayana
  • Ni Made Ary Esta Dewi Wirastuti Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Univeritas Udayana

Abstract

PT. Solusi Lintas Data Cabang Bali adalah perusahaan berkembang yang bergerak dalam bidang jasa penyedia layanan internet, dimana peranan sumber daya manusia atau tenaga kerja yang baik dan berkualitas sangat mempengaruhi masa depan perusahaan. Pada PT. Solusi Lintas Data Cabang Bali, proses seleksi calon tenaga kerja masih menerapkan metode konvensional dan tidak dilakukan secara komputerisasi. Hal ini menyebabkan proses seleksi penerimaan tenaga kerja membutuhkan waktu yang cukup lama mengingat banyaknya jumlah pelamar. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan membangun suatu sistem pendukung keputusan. Sistem pendukung keputusan yang dibangun berbasis web dan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Hasil dari proses sistem menggunakan metode SAW adalah perangkingan dari pelamar dengan rangking tertinggi sampai dengan rangking terendah. Hasil perangkingan ini, menjadi rekomendasi untuk pihak perusahaan dalam penentuan calon tenaga kerja yang akan diterima.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-12-06
How to Cite
FERMANTA, M. Ardi; SUYADNYA, I Made Arsa; WIRASTUTI, Ni Made Ary Esta Dewi. Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Tenaga Kerja Berbasis Web Menggunakan Metode Simple Additive Weighting Pada PT. Solusi Lintas Data Cabang Bali. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, [S.l.], v. 15, n. 2, p. 93-100, dec. 2016. ISSN 2503-2372. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jte/article/view/ID15990>. Date accessed: 28 mar. 2024.

Keywords

sistem pendukung keputusan, seleksi tenaga kerja, simple additive weighting, web