Literature Review Analisis Kinerja SDM Menggunakan Metode Behaviorally Anchored Rating Scale (BARS)

  • Yogiswara Dharma Putra Department of Electrical and Computer Engineering, Post Graduate Program, Udayana University
  • I Nyoman Satya Kumara Magister Teknik Elektro, Gedung Pascasarjana, Universitas Udayana
  • Ni Wayan Sri Ariyani Magister Teknik Elektro, Gedung Pascasarjana, Universitas Udayana
  • Ida Bagus Alit Swamardika Magister Teknik Elektro, Gedung Pascasarjana, Universitas Udayana

Abstract

Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor penting dalam  sebuah organisasi yang mampu memberikan pengaruh besar pada organisasi. Pengembangan sumber daya manusia harus diukur untuk meningkatkan dan mencapai tujuan organisasi dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Kinerja merupakan sesuatu yang dapat diukur dengan memberikan potensi dan kemampuan dalam menciptakan hasil dari tindakan yang dikerjakan. Untuk mengetahui tingkat kinerja dari sumber daya manusia yang dimiliki sebuah organisasi perlu dilakukan penilaian terkait kinerja atau kontribusi dari SDM tersebut. BARS  adalah suatu metode dalam penilaian kinerja yang berdasarkan pada perilaku dari masing-masing individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dari metode BARS dalam menilai tingkat kinerja pada organisasi swasta dan negeri. Hasil yang ditemukan menunjukkan bahwa penerapan metode BARS lebih banyak digunakan pada organisasi swasta dibandingkan dengan organsisasi negeri. Nilai yang ditunjukkan beberapa organisasi swasta lebih signifikan karena sudah mencapai dan hampir mendapatkan nilai tertinggi yang berarti melebihi tingkat nilai BARS dalam penilaian. Dalam hal ini organisasi swasta dan negeri memiliki harapan agar dapat menerapkan motivasi dan konstribusi yang baik dari setiap sumber daya manusia yang dimiliki agar mencapai tujuan dari organisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] W. Tamodia, "Evaluasi Penerapan Sistem Pengendalian Intern Untuk Persediaan Barang Dagangan Pada Pt. Laris Manis Utama Cabang Manado," Jurnal Emba, Vol. 1, No. 3, Pp. 20-29.
[2] H. Murti And V. A. Srimulyani, "Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Variabel Pemediasi Kepuasaan Kerja Pada Pdkam Kota Madiun," Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, Vol. 1, No. 1, Pp. 10-17.
[3] L. M. Lopez, S. L. Galan, And L. M. D. Pedrera, "Converting Likert Scales Into Behavioral Anchored Rating Scales(Bars) For The Evaluation Of Teaching Effectiveness For Formative Purposes," Journal Of University Teaching & Learning Practice, Vol. 16, No. 3.
[4] D. Susanto, "Strategi Peningkatan Kapasitas Modal Sosial Dan Kualitas Sumberdaya Manusia Pendamping Pengembangan Masyarakat," Jurnal Komunikasi Pembangunan, Vol. 8, No. 1, 2010.
[5] N. R. Awani, F. N. Nugraha And I. A. Puspita, "Perancangan Performance Appraisal Menggunakan Metode Behaviorally Anchored Rating Scales (Bars) Pada Divisi Produksi Di Pt Tunggal Inti Kahuripan," E-Proceeding Of Engineering, Vol. 5, No. 3, Pp. 6857-6863, 2018.
[6] H. Suradiraja, "Penyusunan Penilaian Kinerja Model Bars Untuk Meningkatkan Persepsi Karyawan Terhadap Objektivitas Penilaian Kinerja," Jurnal Sosio-Humaniora, Vol. 6, No. 1, Pp. 90-115, 2015.
[7] Taufik, P. Fithri And Y. E. Prathama, "Perancangan Aplikasi Sistem Penilaian Kinerja Karyawan Dengan Metode Mbo Dan Bars (Studi Kasus Plta Maninjau)," Jurnal Optimasi Sistem Industri, Vol. 13, No. 2, Pp. 760-770, 2014.
[8] E. Rouza And B. Yanto, "Penerapan Bars (Behaviorally Anchor Rating Scale) Berbasis Web Dalam Penilaian Kinerja Karyawan," Jurnal Sistem Informasi , Vol. 1, No. 2, Pp. 115-129, 2019.
[9] A. Wijayanti And S. Wimbarti, "Evaluasi Dan Pengembangan Sistem Penilaian Kinerja Pada Pt Hks," Jurnal Psikologi Undip, Vol. 11, No. 2, 2012.
[10] S. N. Evita, W. O. Z. Muizu And R. T. W. Atmojo, "Penilaian Kinerja Karyawan Dengan Menggunakan Metode Behaviorally Anchor Rating Scale Dan Management By Objectives (Studi Kasus Pada Pt Qwords Company International)," Pekbis Jurnal, Vol. 9, No. 1, Pp. 18-32, 2017.
[11] M. M. Raugh, R. J. Tannenbaum, C. M. Tocci, And C. Reese, "Behaviorally Anchored Rating Scales: An Application For Evaluating Teaching Practice," Teaching And Teacher Education, Pp. 414-419, 2016.
[12] O. Kustiadi And Z. F. Ikatrinasari, "Perancangan Penilaian Kinerja Dengan Metode Behaviorally Anchor Rating Scale Di Pt. Zeno Alumi Indonesia," Jurnal Inkofar, Vol. 1, No. 1, Pp. 68-78, 2018.
[13] P. R. Wulandari, F. Hindiarto And S. Prabowo, "Komparasi Penilaian Kinerja Perawat Paramedis Rumah Sakit Akademi Kepolisian (Akpol," Kajian Ilmiah Psikologi, Vol. 2, No. 1, Pp. 14-18, 2013.
[14] H. I. Pradana, K. Haryanti And T. D. Setyorini, "Sistem Penilaian Kinerja Sebagai Intervensi Terhadap Persepsi Keadilan Pada Operator Mesin Cetakpt Trisakti Mustika Graphikadivisi Security Printing," Kajian Ilmiah Psikologi, Vol. 1, No. 2, Pp. 207-212, 2012.
[15] R. R. Deri, "Perancangan Penilaian Kinerja Karyawan Outsourching Pt.X Pada Project Huawei Central Warehouse Tangerang," In Universitas Pasundan, Bandung, 2017.
[16] E. D. Santoso, A. Fathoni And L. B. Hasiholan, "Development Of Employee Performance Appraisal Of Honda Semarang Service Center Body & Paint Department With Behaviorally Anchor Rating Scale Model," Journal Of Management, Vol. 4, No. 4, 2018.
[17] A. A. Syahputra, "Sistem Informasi Penggajian Dan Bonus Karyawan Berdasarkan Evaluasi Kinerja Menggunakan Metode Behaviourally Anchor Rating Scale (Bars) (Studi Kasus Fremilt Thai Tea Yogyakarta)," In Universitas Teknologi Yogyakarta, Yogyakarta, 2019.
[18] S. N. Rahmawati And P. A. Hadi, "Peningkatan Mutu Melalui Penilaian Kinerja Dalam Manajemen Sumber Daya Manusia," In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ekonomi Univeritas Tidar, Yogyakarta, 2017.
[19] G. Maulydina, "Mengevaluasi Penilaian Kinerja Pada Karyawan Hotel Cendana Premiere Surabaya," Universitas Dinamika, Surabaya, 2020.
[20] I. M. D. P. Asana, I. G. I. Sudipta And I. M. A. Wijaya, "Decision Support System For Employee Assessment At Pt. Kupu-Kupu Taman Lestari Using Ahp And Bars Methods," Jurnal Mantik, Vol. 4, No. 1, Pp. 97-106, 2020.
[21] Widati, D. Retno And S. Wibawa, "Alternatif Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil Pada Divisi Administrasi Kantor Wilayah Departemen Hukum Dan Ham Palu," In Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, 2008.
[22] R. Y. Efranto And A. G. Saputri, "Review: Penerapan Aspek Human Error Dalam Penilaian Kinerja Pada Perusahaan Aluminium Alloy Wheel," Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vol. 6, No. 3, Pp. 195-200, 2018.
[23] S. S. W.R, "Dampak Pelaksanaan Sistem Kompensasi Berbasis Kinerja Terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai Negeri Sipil (Pns) Di Dinas Cipta Karya Dan Tata Ruang Kota Surabaya," Kebijakan Dan Manajemen Publik, Vol. 2, No. 1, 2014.
[24] L. T. Farli, "Rancang Bangun Sistem Informasi Penilaian Kinerja Dengan Metode Behaviorally Anchored Rating Scale Pada Pt. Federal International Finance," In Stikom Surabaya, Surabaya, 2011.
[25] Sudarsono, W. Ariyani And I. S. Meiyanto, "Penyusunan Behaviorally Anchored Rating Scales Untuk Meningkatkan Persepsi Keadilan Prosedural Terhadap Penilaian Kinerja," In Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, 2010.
[26] A. M. Mukti, R. Astuti And S. A. Putri, "Penilaian Kinerja Kepala Bagian Produksi Dengan Metode Anp Dan Rating Scale(Studi Kasus Di Pt. Siantar Top, Tbk. Waru-Sidoarjo)," Jurnal Industria, Vol. 2, No. 1, Pp. 47-56.
[27] R. E. Putri, "Tinjauan Sistem Penilaian Kinerja Karyawan Pada Pt. Mandala Multifinance Terbuka Cabang Pariaman," In Politeknik Negeri Padang, Padang, 2016.
[28] J. O. V. Soesanto And S. Kempa, "Analisis Sistem Penilaian Kinerja Karyawan Di Pt.X," Agora, Vol. 4, No. 1, Pp. 387-395, 2016.
[29] S. Maulindah, "Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia," In Universitas Brawijaya, Malang, 2012.
[30] C. J. Benny, "Manajemen Sumber Daya Manusia Di Perguruan Tinggi," Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol. 3, No. 2, Pp. 59-81.
[31] D. P. Schwab And H. G. Heneman, "Behaviorally Anchored Rating Scale: A Review Of The Literature," Personnel Psychology, Vol. 28, Pp. 549-562, 1975.
[32] S. J. Motowidlo And W. C. Borman, "Behaviorally Anchored Scales For Measuring Morale In Military Units," Journal Of Applied Psychology, Vol. 62, No. 2, Pp. 177-183.
[33] N. G. Yudiarta, M. Sudarma, dan W. G. Ariastina, “Pengelompokan Berita Pada Unstructured Textual Data,” Maj. Ilm. Teknol. Elektro, vol. 17, no. 3, hal. 339–344, 2018.
[34] P. A. Ariawan, N. P. Sastra, dan M. Sudarma, “Clustering Data Remunerasi PNS Menggunakan Metode K-Means Clustering Dan Local Outlier Factor,” Maj. Ilm. Teknol. Elektro, vol. 19, no. 1, hal. 33-40, 2020.
Published
2021-03-04
How to Cite
DHARMA PUTRA, Yogiswara et al. Literature Review Analisis Kinerja SDM Menggunakan Metode Behaviorally Anchored Rating Scale (BARS). Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, [S.l.], v. 20, n. 1, p. 103-112, mar. 2021. ISSN 2503-2372. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/JTE/article/view/60349>. Date accessed: 23 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.24843/MITE.2021.v20i01.P12.