STUDI ANALISIS LOSSES DAN DERATING AKIBAT PENGARUH THD PADA GARDU TRANSFORMATOR DAYA DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS UDAYANA

  • I Wayan Rinas Universitas Udayana

Abstract

Tingkat harmonisa yang tinggi sangat berpengaruh pada transformator, dan kinerja transformator daya ditentukan melalui parameter rugi-rugi daya (losses) yang terjadi pada transformator serta penurunan kapasitas kerja (derating) yang dapat terjadi akibat distorsi harmonisa tersebut. Dalam penelitian ini dilakukan analisis THD hasil pengukuran dan simulasi sesuai dengan standar IEEE 519-1992, analisis losses pada transformator sebelum dan setelah terpengaruh harmonisa, analisis derating yang terjadi pada transformator, analisis perbandingan losses dan derating setelah terpengaruh harmonisa, analisis penambahan losses dan derating akibat THD arus, serta analisis losses energi baik secara teknis maupun ekonomis. Hasil analisis menunjukan sebelum terpengaruh harmonisa nilai losses pada transformator adalah sebesar 6.45 kW dan rugi biaya sebesar Rp. 21091.55,-/hari. Setelah terpengaruh harmonisa nilai losses pada transformator adalah sebesar 10.51 kW dan rugi biaya sebesar Rp. 34367.75,-/hari. Derating yang terjadi pada transformator adalah sebesar 25.35 kW.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

I Wayan Rinas, Universitas Udayana
Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
Published
2013-05-25
How to Cite
RINAS, I Wayan. STUDI ANALISIS LOSSES DAN DERATING AKIBAT PENGARUH THD PADA GARDU TRANSFORMATOR DAYA DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS UDAYANA. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, [S.l.], v. 11, n. 1, may 2013. ISSN 2503-2372. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/JTE/article/view/5580>. Date accessed: 15 june 2021.

Keywords

THD (Total Harmonic Distortion), losses, derating