PEMBANGKITAN FADING CURAH HUJAN DENGAN MODEL DATA BERDISTRIBUSI LOGNORMAL UNTUK PENDISAINAN KOMUNIKASI LMDS

  • Made Sutha Yadnya Universitas Mataram
  • Putra Sastra Universitas Mataram

Abstract

Penelitian ini dilakukan sebagai model pembangkitan kanal penggangu pada komunikasi wireless untuk LMDS  di Indonesia dengan pengambilan data curah hujan di Surabaya. Kanal yang dimodelkan adalah kanal terkena hujan pada saat komunikasi berlangsung. Model yang didapatkan adalah model kanal dipengaruhi hujan maka terjadi pelemahan (redaman) disebabkan oleh fading serta perubahan polarisasi dari penjalaran (propagasi) gelombang millimeter orde gigahertz (30 GHz).
Pengambilan data menggunakan alat Parsivel dengan memanfaat software ASDO secara online. Variasi data statistik mean, varian, autokorelasi, serta autocovarian dari curah hujan model inti yang harus diolah untuk pembuatan model. Pembangkitan model dengan mengasumsikan bahwa data dari curah hujan berdistribusi lognormal agar data dari hasil pembangkitan berdistribusi normal.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Made Sutha Yadnya, Universitas Mataram
Teknik Elektro Universitas Mataram
Putra Sastra, Universitas Mataram
Teknik Elektro Universitas Mataram
Published
2013-05-25
How to Cite
SUTHA YADNYA, Made; SASTRA, Putra. PEMBANGKITAN FADING CURAH HUJAN DENGAN MODEL DATA BERDISTRIBUSI LOGNORMAL UNTUK PENDISAINAN KOMUNIKASI LMDS. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, [S.l.], v. 7, n. 2, may 2013. ISSN 2503-2372. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/JTE/article/view/5574>. Date accessed: 26 oct. 2020.

Keywords

Curah Hujan,Distribusi Normal, Distribusi Lognormal.