KONVERTER DAYA UNTUK PENGEMUDIAN ELEKTRIK: DISCRETE ATAU MODULE

  • Nyoman S Kumara Universitas Udayana

Abstract

Teknologi semikonduktor daya sudah dan sedang berkembang dengan sangat pesat. Perkembangan tersebut mencakup peningkatan densitas dan rating arus, tegangan kerja, daya keluaran dan efisiensi, frekwensi switching, bentuk dan ukuran fisik, dan penurunan rugi-rugi. Dalam pabrikasinya, hampir semua komponen semikonduktor daya dikemas sebagai perangkat tunggal (discrete device) atau dalam bentuk paket rangkaian  yang disebut modul daya  dasar (power module) sampai modul daya yang canggih (intelligent power module).
Dalam perencanaan konverter daya untuk pengemudian elektrik khususnya yang dipakai dalam penelitian laboratorium dan tugas akhir mahasiswa, dapat dilakukan melalui dua pedekatan. Yang pertama adalah pendekatan perangkat tunggal dimana konverter daya dibuat dengan menggunakan komponen tunggal. Yang kedua adalah mendesain konverter dengan menggunakan modul daya. Kedua pendekatan ini memiliki berbagai keuntungan dan juga kekurangan. Tulisan ini mencoba mendiskusikan faktor-faktor yang berperan dalam perencanaan konverter daya untuk pengemudian listrik khususnya dalam pemilihan saklar statis atau komponen switching. Dalam tulisan ini juga akan direview berbagai power module yang tersedia di pasaran yang bisa digunakan dalam perencanaan konverter daya untuk pengemudian elektrik berdaya rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nyoman S Kumara, Universitas Udayana
Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
Published
2013-05-25
How to Cite
S KUMARA, Nyoman. KONVERTER DAYA UNTUK PENGEMUDIAN ELEKTRIK: DISCRETE ATAU MODULE. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, [S.l.], v. 7, n. 2, may 2013. ISSN 2503-2372. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/JTE/article/view/5573>. Date accessed: 26 oct. 2020.

Keywords

elektronika daya, komponen diskrit, modul daya, intelligent power modul