SIMULASI SISTEM KONTROLER PID UNTUK MOTOR INDUKSI MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK MATLAB / SIMULINK

  • I Wayan Raka Ardana Piliteknik Negeri Bali

Abstract

Motor induksi banyak digunakan pada industri karena kokoh serta handal jika dibandingkan dengan motor dc. Pada pengemudian motor induksi, kecepatan motor berubah-ubah (tidak konstan) saat terjadi perubahan parameter dan torsi beban. Secara konvensional, motor induksi dikontrol menggunakan kontroler PID.  Kelemahan kontroler ini membutuhkan penalaan (tuning) kembali konstanta proporsional (Kp), integral (Ki) dan derivatif (Kd)  bila sistem mengalami perubahan beban atau parameter.
Pada makalah ini, diaplikasikan pengaturan kecepatan motor induksi menggunakan kontroler PID dengan metode Field  Oriented Control. Field  Oriented Control digunakan untuk memperbaiki sinyal kontrol arus torsi di dalam sistem kontroler PID. Ketika pengemudian dengan Field  Oriented Control yang dikenal juga sebagai vector controller, motor induksi bekerja seperti mesin DC penguat terpisah, di mana torsi dan fluksi dikontrol secara terpisah. Sistem pengemudian ini disimulasikan menggunakan perangkat lunak Matlab / Simulink. Hasil simulasi menunjukkan bahwa kesalahan (error) setpoint menggunakan Field  Oriented Control di dalam kontroler PID adalah kecil.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

I Wayan Raka Ardana, Piliteknik Negeri Bali
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Bali
Published
2013-05-25
How to Cite
RAKA ARDANA, I Wayan. SIMULASI SISTEM KONTROLER PID UNTUK MOTOR INDUKSI MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK MATLAB / SIMULINK. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, [S.l.], v. 7, n. 2, may 2013. ISSN 2503-2372. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/JTE/article/view/5568>. Date accessed: 26 oct. 2020.

Keywords

Motor Induksi, Field Oriented Control