Genetic K-Means Algorithms, ASSU Analisis Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Menggunakan Model Pembelajaran ASSURE berbasis Project-Based Learning

  • Asri Prameshwari
  • Rukmi Sari Hartati
  • Made Sudarma

Abstract

Sistem pembelajaran yang telah diterapkan dan dikembangkan bertujuan untuk meningkatkan, menguasai, memahami, dan menerapkan materi belajar untuk kemudian dijadikan suatu kompetensi dasar. Penelitian ini menganalisa hasil peningkatan kompetensi mahasiswa dalam mata kuliah teknologi informasi di STIKes Wira Medika Bali pada jenjang S1 Keperawatan dengan menggunakan sistem pembelajaran ASSURE berbasis Project-Based Learning. Metode yang digunakan dalam pengelompokkan hasil peningkatan tersebut  menggunakan Genetic K-Means Algorithms, Metode ini dipilih karena mempunyai kinerja lebih optimal dari K-Means sederhana. Algoritma ini yang menggunakan natural selections untuk opitimalisasi menentukan initial seeds. Penentuan jumlah cluster yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak tiga cluster dengan kategori tinggi, sedang dan rendah. Hasil dari penelitian ini untuk kategori sedang meningkat dengan range 3,92% dan 14%, untuk kategori rendah meningkat 31,37% dan 74%, untuk kategori tinggi menurun 35,29% dan 60%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Smaldino, S., Rusell J., Heinich, R., Molenda M. Instructional Technology and Media for Learning. Upper Saddle River, New Jersey : Pearson Merill Prentice Hall.2005
[2] Grant, M. M. Getting a grip on project-based learning: Theory, cases and recommendations. Meridian: A Middle School Computer Technologies Journal, 5, 2002. 1-17.
[3] K.Arai and A.R. Barakbah. “Hierarchical K-Means:and Algorithm for centroids initialization for K-Means”.2007
[4] Kim, K. and Ahn, H. A Recommender System Using GA k-Means Clustering in an Online Shopping Market. Expert Systems with Applications, 34, 2008.1200-1209.
[5] Depdikbud. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta:Depdikbud. 1994
[6] Kebudayaan, K.P.D., n.d. Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning).2013.
[7] Sevilla C.G.et.al. Research Method. Quezon City:Rex Printing Company. 1960
[8] Prabin Lama and Patric Granholm. Clustering System Based On Text Mining Using The K-Means Algorithm.2013
[9] Santosa, B. Data Mining : Teknik Pemanfaatan Data untuk Keperluan Bisnis. Yogyakarta:Graha Ilmu. 2007
[10] Taha, H.A. Operations Research – An Introduction,6th ed, Pearson Education Inc. 2002
[11] Wahyu Widodo, Agus & Mahmudy, Wayan. . Penerapan algoritma genetika pada sistem rekomendasi wisata kuliner. Kursor. 5. 2010. 205-211.
[12] Mahmudy, W.F., Algoritme Evolusi, Malang, PTIK Universitas Brawijaya, 2013
[13] Al-Shboul, Bashar & Myaeng, Sung-Hyon. Initializing K-Means using Genetic Algorithms. 2009. 54.
[14] Lu, Yi & Lu, Shiyong & Fotouhi, Farshad & Deng, Youping & Brown, Susan.FGKA: a Fast Genetic K-means Clustering Algorithm .622-623. 2004. DOI:10.1145/967900.968029.
Published
2018-12-10
How to Cite
PRAMESHWARI, Asri; HARTATI, Rukmi Sari; SUDARMA, Made. Genetic K-Means Algorithms, ASSU Analisis Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Menggunakan Model Pembelajaran ASSURE berbasis Project-Based Learning. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, [S.l.], v. 17, n. 3, p. 409-416, dec. 2018. ISSN 2503-2372. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/JTE/article/view/42913>. Date accessed: 02 june 2020. doi: https://doi.org/10.24843/MITE.2018.v17i03.P16.