Pemampatan Citra Pas Foto dengan Menggunakan Algoritma Kompresi Joint-Photograpic Experts Group (JPEG) dan Principal Component Analysis (PCA)

  • M. Azman Maricar Udayana University
  • Oka Widyantara Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil kompresi dari algoritma Joint-Photograpic Experts Group (JPEG) dan Principal Component Analysis (PCA) terhadap citra pas foto, guna menemukan hasil terbaik dari hasil citra kompresi yang kualitas hasilnya tidak berbeda jauh dengan citra aslinya. Alat ukur yang digunakan adalah Mean Square Error (MSE) dan Peak Signal to Noise Ratio (PSNR). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah rata-rata MSE dan PNSR algoritma PCA dapat dikatakan tinggi jika dibandingkan dengan algoritma JPEG. Namun dari segi kualitas citra yang dihasilkan tidak jauh berbeda dengan algoritma JPEG.Dapat dikatakan bahwa algoritma JPEG mampu menghasilkan citra yang lebih baik dibandingkan algoritma PCA. Namun, algoritma PCA tidaklah buruk untuk dijadikan alternatif dalam kompresi citra pas foto.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-15
How to Cite
MARICAR, M. Azman; WIDYANTARA, Oka. Pemampatan Citra Pas Foto dengan Menggunakan Algoritma Kompresi Joint-Photograpic Experts Group (JPEG) dan Principal Component Analysis (PCA). Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, [S.l.], v. 17, n. 1, p. 102-106, may 2018. ISSN 2503-2372. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/JTE/article/view/31186>. Date accessed: 02 june 2020. doi: https://doi.org/10.24843/MITE.2018.v17i01.P14.