PERANCANGAN MODEL NETWORK PADA MESIN DATABASE NON SPATIAL UNTUK MANUVER JARINGAN LISTRIK SEKTOR DISTRIBUSI DENGAN PL SQ

  • I Made Sukarsa Universitas Udayana

Abstract

Saat ini aplikasi di bidang SIG telah banyak yang dikembangkan berbasis mesin DBMS (Database Management System) non spatial sehingga mampu mendukung model penyajian data secara client server dan menangani data dalam jumlah yang besar. Salah satunya telah dikembangkan untuk menangani data jaringan listrik.Kenyataannya, mesin-mesin DBMS belum dilengkapi dengan kemampuan untuk melakukan analisis network seperti manuver jaringan dan merupakan dasar untuk pengembangan berbagai aplikasi lainnya. Oleh karena itu,perlu dikembangkan suatu model network untuk manuver jaringan listrik dengan berbagai kekhasannya.

Melalui beberapa tahapan penelitian yang dilakukan, telah dapat dikembangkan suatu model network yangdapat digunakan untuk menangani manuver jaringan. Model ini dibangun dengan memperhatikan kepentingan pengintegrasian dengan sistem eksisting dengan meminimalkan adanya perubahan pada aplikasi eksisting.

Pemilihan implementasi berbasis PL SQL (Pragrammable Language Structure Query Language) akan memberikan berbagai keuntungan termasuk unjuk kerja sistem. Model ini telah diujikan untuk simulasi pemadaman,menghitung perubahan struktur pembebanan jaringan dan dapat dikembangkan untuk analisis sistem tenaga listrik seperti rugi-rugi, load flow dan sebagainya sehingga pada akhirnya aplikasi SIG akan mampu mensubstitusi danmengatasi kelemahan aplikasi analisis sistem tenaga yang banyak dipakai saat ini seperti EDSA (Electrical DesignSystem Anaysis) .

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2007-01-08
How to Cite
SUKARSA, I Made. PERANCANGAN MODEL NETWORK PADA MESIN DATABASE NON SPATIAL UNTUK MANUVER JARINGAN LISTRIK SEKTOR DISTRIBUSI DENGAN PL SQ. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, [S.l.], v. 6, n. 1, jan. 2007. ISSN 2503-2372. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jte/article/view/234>. Date accessed: 16 apr. 2024.