KAPASITAS KANAL DAN BIT ERROR RATE SISTEM D-MIMO DALAM VARIASI SPASIAL DAERAH CAKUPAN

  • Nyoman Gunantara Universitas Udayana

Abstract

Kemajuan teknologi komunikasi, dikembangkan sistem D-MIMO (Distributed MIMO) yang sebelumnya telah digunakan sistem C-MIMO (Conventional co-located MIMO). Sistem C-MIMO menyebabkan penggunaan spektrum
menjadi efisien, daya pancar berkurang, dan kapasitas kanal meningkat.


Dengan sistem D-MIMO jarak antara pemancar dan penerima dapat diperpendek, macrodiversity dan adanya daerah cakupan layanan. Pada tulisan ini akan diteliti tentang kapasitas kanal dan Bit Error Rate (BER) pada variasi spasial daerah cakupan. Penelitian tersebut dilakukan pada kapasitas kanal teoritis dan BER dengan teknik waterfilling.


Kapasitas kanal dan kinerja BER pada sistem D-MIMO pada variasi spasial daerah cakupan tergantung dari konfigurasi sistem D-MIMO. Lokasi penerima yang dekat port antena pemancar mempunyai kapasitas kanal yanglebih besar tetapi memiliki kinerja BER yang lebih buruk.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2006-07-08
How to Cite
GUNANTARA, Nyoman. KAPASITAS KANAL DAN BIT ERROR RATE SISTEM D-MIMO DALAM VARIASI SPASIAL DAERAH CAKUPAN. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, [S.l.], v. 5, n. 2, july 2006. ISSN 2503-2372. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jte/article/view/232>. Date accessed: 28 mar. 2024.