Audit Tata Kelola Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah Menggunakan Kerangka Kerja Cobit Domain PO Dan Itil Studi Kasus Di Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Klungkung

  • Putu Agus Pradnyana Jaya
  • I Made Oka Widyantara Teknik Elektro Unud
  • Linawati Linawati Teknik Elektro Unud

Abstract

Teknologi informasi saat ini memiliki peranan yang sangat penting dalam dunia pemerintahan. Pemanfaatan teknologi informasi yang ada harus diimbangi dengan pengaturan dan pengelolaan yang tepat sehingga memberikan manfaat yang efektif bagi penggunanya. Pada penelitian ini membahas mengenai audit tata kelola SIMDA Keuangan di lingkungan kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Klungkung dengan menggunakan framework COBIT 4.1 domain PO (Plant and Organise) sub domai PO1, PO2 dan PO7 dan Framework ITILV3.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan manfaat aplikasi SIMDA keuangan dengan standar COBIT 4.1 dan ITIL V3 dan nantinya dapat menghasilkan suatu rekomendasi pengelolaan aplikasi SIMDA Keuangan dalam upaya peningkatan kualitas tata kelola TI yang dimiliki.

Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan kuesioner dengan responden yang telah ditentukan berdasarkan tugas dan fungsinya. Responden audit tata kelola SIMDA Keuangan di lingkungan Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Klungkung ini terdiri dari PPK (Pejabat Penatausahaan Keuangan) dan Bendahara di seluruh entitas Pemerintah Kabupaten Klungkung yang jumlahnya sebanyak 86 responden.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagian besar penerapan COBIT (domain PO) pada tata kelola TI di kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Klungkung berada pada level 3, dengan menggunakan framework ITIL yang sebelumnya telah dipetakan dengan domain COBIT yang digunakan akhirnya dapat dibuatkan beberapa rekomendasi dalam upaya meningkatkan tata kelola TI di Kantor Pemerintah daerah Kabupaten Klungkung. Secara garis besar, rekomendasi yang dihasilkan meliputi pembenahan renstra daerah yang didalamnya terkait dengan visi-misi daerah mengenai penerapan TI, perbaikan infrastruktur TI yang digunakan serta pembenahan Sumber Daya Manusia yang digunakan sebagai pengelolanya.

 

DOI: 10.24843/MITE.1601.08

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

I Made Oka Widyantara, Teknik Elektro Unud
Teknik Elektro Unud
Linawati Linawati, Teknik Elektro Unud
Teknik Elektro Unud

References

[1] Theresia, K. G., Sukarsa, I. M., & Agung, I. P. (2014). Governance Audit of Application Procurement Using COBIT Framework. Departement of Information Technology, Udayana University .
[2] A. Abdul Latif dan N. Hanifi, “Analyzing IT Function using COBIT 4.1 – A Case Study of Malaysian Private University”, Journal of Economics, Business and Management, Vol. 1, No.4, November 2013.
[3] Hessam Zandhessami dan Mohammad Hasan Kargar, “Prioritization of COBIT Framework Processes based on Sazehgostar Saipa’s Information Technology Strategies”, Asian Journal of Management Research, Vol. 2, Issue 1, 2011.
[4] Rasha Adnan Khther dan Dr. Marini Othman, “COBIT Framework as a Guideline of Effective IT Governance in Higher Education: A Review”, International Journal of Technology Convergence and Services (IJITCS), Vol. 3, No.1, February 2013.
[5] Abtin Refahi Farjadi Tehrani dan Faras Zuheir Mustafa Mohamed, “A CBR-based Approach to ITIL-based Service Desk”, Journal of Emerging Trends in Computing and Information Sciences, Vol. 2, No. 10, October 2011.
[6] A. Tanovic, F. Orucevic, dan I. Androulidakis, “Development of a New Improved Model of The ITIL V3 Framework for The Information System of Telecom Operator”, Advances in Data Networks, Communications, Computers and Materials, 2012.
[7] Bachtiar H. Simamora, Mohamad Arif Adiningrat, Arta Moro Sundjaja, dan Henny Hendarti, “Improving Customer Service Through COBIT 4.1 Approach: A Case Study of IT Organization in Indonesia”, International Business Management, Vol.9, No.4, pp. 637-644, 2015.
[8] Surbakti, H. (2012). Managing Control Object For IT (COBIT) Sebagai Standar Framework Pada Proses Pengelolaan IT-Governance dan Audit Sistem Informasi. Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Respati Yogyakarta .
[9] COBIT MAPPING: Mapping of ITIL v3 With COBIT 4.1, IT Governance Institute, 2008.
[10] BPKP. (n.d.). Panduan Simda Keuangan. Retrieved Mei 2, 2015, from www.bpkp.go.id: www.bpkp.go.id
[11] Ni Putu Sri Merta Suryani, Gusti Made Arya Sasmita, I Ketut Adi Purnawan, “Audit of Accounting Information System using COBIT 4.1 Focus on Deliver and Support Domain”, Journal of Theoretical and Applied Information Technology, Vol. 78, No. 3, 2015.
[12] Cristian Amancei, “Auditing Open Source Applications by Using COBIT 4.1”, Open Source Science Journal, Vol. 2, No. 1, 2010.
[13] Malleswara Talla dan Raul Valverde, “An Implementation of ITIL Guidelines for IT Support Process in a Service Organization”, International Journal of Information and Electronics Engineering, Vol3, No. 3, 2013
[14] taruu LLC, 2009, ITIL v3 Foundation Study Guide, [pdf], http://www.taruu.com, 18 Juni 2016.
[15] Indri, S. R. (2012). Model Perhitungan Tingkat Kedewasaan TI (Maturity Level) Menggunakan Framework COBIT 4.1. Seminar Nasional Teknik Informatika (SANTIKA) , 73-77.
Published
2016-07-25
How to Cite
PRADNYANA JAYA, Putu Agus; WIDYANTARA, I Made Oka; LINAWATI, Linawati. Audit Tata Kelola Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah Menggunakan Kerangka Kerja Cobit Domain PO Dan Itil Studi Kasus Di Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Klungkung. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, [S.l.], v. 16, n. 1, p. 53-60, july 2016. ISSN 2503-2372. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jte/article/view/22155>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MITE.1601.08.

Keywords

COBIT Framework, ITIL Framework, SIMDA Keuangan.