SIMULASI KONTROL LAMPU LALU LINTAS SISTEM DETEKTOR DENGAN MENGGUNAKAN PLC UNTUK PERSIMPANGAN JALAN WARIBANG-WR. SUPRATMAN DENPASAR

  • IB Alit Swamahardika Universitas Udaqyana

Abstract

Pengaturan lampu lalu lintas yang ada sekarang ini kebayakan menggunakan sistem pengaturan waktu tetap dimana lampu diatur agar bekerja berdasarkan waktu tetap, tanpa memperhatikan naik turunya arus lalu lintas. Untuk itu, ditawarkan suatu sistem detektor (traffic actuated).dengan memanfaatkan PLC (programmeble logic controller) sebagai kontroller. Pada penelitian ini dibuat suatu alat simulasi dengan PLC tipe CPM1A merk Omron. Proses kerja alat ini berupa pengiriman input dari sensor yang dipasang pada badan jalan, yang mana sensor ini mendekteksi ada dan tidaknya kendaraan. Alat yang dirancang ini berjalan dengan baik, dimana ada alat bekerja pada enam keadaan yaitu: keadaan upacara, prioritas phase I, prioritas phase II, emergency phase I, emergency phase II dan keadaan normal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2005-07-08
How to Cite
SWAMAHARDIKA, IB Alit. SIMULASI KONTROL LAMPU LALU LINTAS SISTEM DETEKTOR DENGAN MENGGUNAKAN PLC UNTUK PERSIMPANGAN JALAN WARIBANG-WR. SUPRATMAN DENPASAR. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, [S.l.], v. 4, n. 2, july 2005. ISSN 2503-2372. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jte/article/view/211>. Date accessed: 19 apr. 2024.