PENGARUH UMUR PADA BEBERAPA VOLUME ZAT ADITIF BENTONIT TERHADAP NILAI TAHANAN PENTANAHAN

  • IGN Janardana Universitas Udayana

Abstract

Metode yang dapat digunakan untuk memperkecil nilai tahanan pentanahan dapat dilakukan dengan penambahan zat aditip pada tanah. Zat aditip tersebut dapat berupa garam, bentonit, serbuk besi dan lain-lain. Namun zat aditif tersebut memiliki keterbatasan umur. Zat aditif tidak dapat berfungsi dengan baik pada waktu yang cukup lama.

Dalam penelitian ini akan diteliti mengenai pengaruh umur pada beberapa volume zat aditif Bentonit terhadap nilai tahanan pentanahan. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui perubahan kualitas nilai tahanan pentanahan dari masing-masing volume zat aditif Bentonit dalam waktu 6 bulan serta hasil penelitian ini diharapkan didapatkan suatu data yang digunakan sebagai acuan didalam pemasangan sistem pentanahan. Penelitian ini hanya dibatasi pada jenis tanah lempung. Metode analisis yang digunakan adalah dengan statistic uji “tâ€. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas didapatkan bahwa peningkatan nilai tahanan pentanahan selama 24 minggu dari masing-masing volume zat aditif yang diteliti memiliki peningkatan nilai yang berbeda-beda.


Pentanahan dengan penambahan zat aditif berupa bentonit seberat 5 kg terjadi peningkatan 38,46 %, pentanahan dengan penambahan zat aditif berupa bentonit seberat 10 kg terjadi peningkatan 31,82 %, pentanahan dengan penambahan zat aditif berupa bentonit seberat 15 kg terjadi peningkatan 11,11 %. Peningkatan nilai tahanan pentanahan tersebut berarti terjadinya penurunan kualitas pentanahan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2005-07-08
How to Cite
JANARDANA, IGN. PENGARUH UMUR PADA BEBERAPA VOLUME ZAT ADITIF BENTONIT TERHADAP NILAI TAHANAN PENTANAHAN. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, [S.l.], v. 4, n. 2, july 2005. ISSN 2503-2372. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/JTE/article/view/208>. Date accessed: 03 dec. 2020.