KARAKTERISTIK TRAKSI DAN KINERJA TRANSMISI PADA SISTEM GEAR TRANSMISSION DAN GEARLESS TRANSMISSION

  • I G N P Tenaya Universitas Udayana
  • I Ketut Adi Atmika Universitas Udayana

Abstract

Kebutuhan akan sarana transportasi yang dapat menunjang kelancaran arus lalu lintas belakangan ini telah meningkat dengan pesat. Hal ini mengakibatkan dibutuhkannya kendaraan-kendaraan dengan karakteristik mesin yang mampu menghasilkan traksi yang besar untuk dapat memberikan percepatan pada kendaraan.


Untuk mendapatkan karakteristik traksi yang lebih baik, akan dicoba dengan melakukan analisa terhadap kendaraan yang dimodifikasi sistem driveline, khususnya sistem transmisinya dengan metode Progresi Geometri.
Analisa juga dilakukan untuk sistem tanpa gigi (gearless), kemudian dilihat karakteristiknya.

Dari analisa yang dilakukan, modifikasi terhadap sistem transmisi baik sistem gear maupun gearless memberikan beberapa keuntungan dibandingkan dengan kendaraan pada kondisi standarnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2012-07-08
How to Cite
TENAYA, I G N P; ATMIKA, I Ketut Adi. KARAKTERISTIK TRAKSI DAN KINERJA TRANSMISI PADA SISTEM GEAR TRANSMISSION DAN GEARLESS TRANSMISSION. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, [S.l.], v. 3, n. 2, july 2012. ISSN 2503-2372. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jte/article/view/197>. Date accessed: 25 apr. 2024.