KAJIAN POTENSI IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DI LINGKUNGAN POLITEKNIK NEGERI BALI

  • Ni Wayan Wisswani

Abstract

Politeknik Negeri Bali (PNB) sebagai salah satu institusi elemen pendidikan juga layaknya sebuah perusahaan
yang selalu harus menjaga kepuasan para stakeholdernya. Salah satu cara terkini untuk memuaskan stakeholder
adalah dengan penerapan Customer Relationship Management (CRM) berbasis komputer online. Implementasi
CRM, sebagai suatu teknologi yang akan membantu melakukan manajemen hubungan pelanggan dan institusi, akan
dapat membantu Politeknik Negeri Bali untuk menambah jumlah stakeholder baru, meningkatkan hubungan dengan
para stakeholder yang telah ada dan mempertahankannya. Hal tersebut tentu saja dapat menjadi sebuah cara agar
PNB dapat memenangkan persaingan antar perguruan tinggi negeri lainnya. CRM dapat membantu PNB mengenali
treatment apa yang tepat yang akan membuat perolehan informasi yang diperlukan para stakeholder menjadi mudah,
cepat dan detil sesuai dengan harapan dan kebutuhan para stakeholder.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ni Wayan Wisswani
Staff Pengajar Teknik Elektro, Politeknik Negeri Bali
Kampus Bukit Jimbaran, Bali
Published
2012-10-19
How to Cite
WISSWANI, Ni Wayan. KAJIAN POTENSI IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DI LINGKUNGAN POLITEKNIK NEGERI BALI. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, [S.l.], oct. 2012. ISSN 2503-2372. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/JTE/article/view/1771>. Date accessed: 27 june 2022.