ALAT PENJADWAL ON-OFF TITIK BEBAN RUMAH TANGGA YANG DIAKSES DENGAN TELEPON DTMF

  • Pratolo Rahardjo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat suatu alat penjadwal on-off titik beban rumah tangga yang terkendali jarak jauh dengan menggunakan saluran telepon. Alat ini berguna bagi rumah tangga yang penghuninya mempunyai mobilitas keluar daerah yang tinggi. Sehingga mengurangi rasa khawatir terhadap rumahnya yang ditinggalkan, baik terhadap pencurian, pemborosan daya listrik, kerusakan alat-alat elektronik ataupun menghindari kelembaban. Penggunaan listrik di rumah tangga dapat dioptimalkan sebaik mungkin.

Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah rancang-bangun, yang diawali dengan studi pustaka dan simulasi perangkat lunak terlebih dahulu. Penelitian ini mengambil lokasi di Laboratorium Elektronika, Jurusan Teknik Elektro FT. UNUD.

Alat penjadwal on-off titik beban rumah tangga ini masih mempunyai beberapa kelemahan, antara lain : kapasitas jumlah titik beban yang terbatas (8 buah), tidak adanya backreport lagi untuk kondisi suatu titik beban kepada pengirim atau pengendali, dan alat ini tergantung kepada suatu provider jaringan telekomunikasi. Diharapkan pada penelitian berikutnya, ketiga kelemahan tersebut dapat diselesaikan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Pratolo Rahardjo
Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Udayana, Gedung DH – DI Kampus UNUD Bukit Jimbaran, Badung, Bali 80361
Published
2012-08-13
How to Cite
RAHARDJO, Pratolo. ALAT PENJADWAL ON-OFF TITIK BEBAN RUMAH TANGGA YANG DIAKSES DENGAN TELEPON DTMF. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, [S.l.], v. 8, n. 2, aug. 2012. ISSN 2503-2372. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/JTE/article/view/1618>. Date accessed: 27 oct. 2020.