MODEL ANTRIAN PADA PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT

  • Putu Ayu Rhamani Suryadhi
  • Nichson Jp Manurung

Abstract

Jika ingin mendapatkan layanan kesehatan pada sebuah rumah sakit atau klinik, biasanya harus mengantri untuk menunggu giliran dilayani. Jenis layanan kesehatan sangat sulit untuk ditentukan trafiknya, karena kapan orang sakit atau membutuhkan layanan kesehatan sulit untuk diketahui. Penelitian ini menganalisa dan menentukan model antrian pelayanan kesehatan di Poli Bedah dan Poli Mata di Rumah Sakit Umum Sanglah berdasarkan pola kedatangan, waktu layanan dan distribusi jumlah dokter yang melayani pasien dengan menggunakan distribusi frekuensi.

Berdasarkan karakteristiknya dan dinotasikan kedalam notasi Kendall maka model antrian pada pelayanan kesehatan di Poli Bedah dan Poli Mata Rumah Sakit Umum Sanglah digolongkan kedalam sistem antrian M/M/n, dimana kedatangan pasien terdistribusi, waktu pelayanan terhadap pasien terdistribusi normal dan jumlah dokter yang melayani pasien terdistribusi seragam yaitu lebih dari satu orang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Putu Ayu Rhamani Suryadhi

Staff Pengajar Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Kampus Bukit Jimbaran, Bali, 80361

Nichson Jp Manurung

Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Kampus Bukit Jimbaran, Bali, 80361

Published
2012-08-13
How to Cite
RHAMANI SURYADHI, Putu Ayu; MANURUNG, Nichson Jp. MODEL ANTRIAN PADA PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, [S.l.], v. 8, n. 2, aug. 2012. ISSN 2503-2372. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/JTE/article/view/1617>. Date accessed: 20 sep. 2020.