PENGONTROLAN SUHU MEDIA TANAM JAMUR TIRAM BERBASIS LOGIKA FUZZY

  • Syafaruddin Ch

Abstract

Dalam proses pasteurisasi jamur tiram, pengontrolan suhu media tanam jamur tiram biasanya masih dilakukan secara konvensional. Cara yang biasa dilakukan ialah dengan  memperbesar atau memperkecil api yang digunakan dalam proses pemanasan atau pengukusan.

Proses pengontrolan secara konvensional dirasakan tidak efektif karena membutuhkan perhatian serius agar suhu ruangan pasteurisasi tetap stabil sekitar 70ºC . Faktor kelupaan manusia, sebagai operator pengontrolnya  disamping menyebabkan proses pasteurisasi tidak berhasil juga akan menyebabkan pemborosan penggunaan bahan-bakar.

Untuk mengantisipasi hal tersebut diatas, maka pada penelitian ini mencoba untuk merancang suatu alat yang dapat mengontrol suhu pasteurisasi secara elektronik, yang kemudian  dapat  mengontrol aliran bahan bakar yang digunakan sesuai kebutuhan. Prinsip pengontrolan didasarkan pada logika fuzzy yang diaplikasikan pada  Mikrokontroler AT89S52.

Dari hasil pengujian yang dilakukan, suhu pasteurisasi yang diinginkan  dapat tercapai dalam waktu sekitar 19 menit dan peralatan yang dibuat dapat menjaga suhu ruangan stabil sekitar 70ºC selama proses pasteurisasi berlangsung.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Syafaruddin Ch

Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Mataram

Jl. Majapahit No. 62 Mataram 83125, Tel. (0370) 636126

Published
2012-08-09
How to Cite
CH, Syafaruddin. PENGONTROLAN SUHU MEDIA TANAM JAMUR TIRAM BERBASIS LOGIKA FUZZY. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, [S.l.], v. 8, n. 2, aug. 2012. ISSN 2503-2372. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/JTE/article/view/1613>. Date accessed: 27 oct. 2020.