PENERAPAN TEKNOLOGI VOIP UNTUK MENGOPTIMALKAN PENGGUNAAN JARINGAN INTRANET KAMPUS UNIVERSITAS UDAYANA

  • Pande Ketut Sudiarta
  • Gede Sukadarmika

Abstract

Jaringan intranet Universitas Udayana telah menghubungkan ketiga lokasi kampus, yaitu Kampus Bukit, Kampus Sudirman, dan Kampus Nias.  Lokasi kampus yang terpisah-pisah dan kampus Bukit yang memiliki area yang cukup luas memerlukan prasarana teleponi yang memadai.  Selama ini, komunikasi teleponi masih memanfaatkan provider seperti PT Telkom, walaupun komunikasi telepon hanya untuk komunikasi antar fakultas atau antar fakultas dengan rektorat di area kampus bukit.  Demikian juga untuk komunikasi telepon antar lokasi kampus yang berbeda. Walaupun beberapa fakultas dan juga gedung Rektorat memiliki perangkat PABX namun keberadaan kebanyakan hanya melayani komunikasi dalam satu gedung saja.  Pemanfaatan intranet kampus UNUD baru dimanfaatkan untuk akses Internet, akses Sistem Informasi dan untuk videoconference. Dengan beban trafik yang ada, jaringan intranet masih memungkinkan untuk dibebani dengan trafik yang lebih tinggi. Dengan demikian, untuk mengoptimalkan pemanfaatan bandwith,  diupayakan dengan mengembangakan sistem teleponi berbasis VoIP yang memanfaatkan infrastruktur yang ada. Tujuan yang ingin dicapai adalah menyediakan fasilitas telepon internal kampus yang tidak berbayar. Melalui teknologi VoIP ini,  komunikasi dapat dilakukan dengan beberapa cara baik menggunakan telepon analog maupun softphone yang dapat diinstall di masing-masing PC atau laptop. Hal ini nanti tentu akan memberikan efisiensi waktu bagi civitas karena mudah dihubungi dan secara langsung akan berdampak pada efisiensi biaya telekomunikasi di kampus.

Infrastruktur yang dikembangkan menggunakan protokol SIP memanfaatkan Free Software Linux Fedora sebagai Operating System, Asterisk dan Ondo sebagai aplikasi server.  Di sisi pemakai, perangkat telepon dapat menggunakan dua model, pertama menggunakan softphone  yang ditujukan untuk personal dengan memanfaatkan nomor induk pegawai (NIP) atau nomor induk mahasiswa (NIM) sebagai nomor telepon. Model telepon ini aksesnya dapat melalui laptop atau PC.  Sedangkan, model yang kedua menggunakan Hardware FXS ditujukan untuk pesawat fix telepon di masing-masing fakultas dan jurusan. Sebagai operator menggunakan perangkat IP-phone.Hasil yang dicapai dan perbandingan secara teori penggunaan codec jenis G711 memiliki nilai MOS yang terbaik dan kompatibe diaplikasikan untuk berbagai layanan seperti FAX dan integrasi PBX namun memiliki bitrate yang lebih tinggi. Selama pemenelitian belum dapat ditunjukkan perubahan trafik yang ada mengingat perlu waktu untuk adaptasi pemanfaatan teknologi walaupun telah diusahakan menggunakan sosialisasi penggunaan perangkat VoIP ini kepada pegawai internal UNUD.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Pande Ketut Sudiarta

Staff Pengajar Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Kampus Bukit Jimbaran, Bali, 80361, tlp 0361 703315

Gede Sukadarmika

Staff Pengajar Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Kampus Bukit Jimbaran, Bali, 80361, tlp 0361 703315

Published
2012-08-09
How to Cite
KETUT SUDIARTA, Pande; SUKADARMIKA, Gede. PENERAPAN TEKNOLOGI VOIP UNTUK MENGOPTIMALKAN PENGGUNAAN JARINGAN INTRANET KAMPUS UNIVERSITAS UDAYANA. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, [S.l.], v. 8, n. 2, aug. 2012. ISSN 2503-2372. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/JTE/article/view/1612>. Date accessed: 11 nov. 2019.