APLIKASI KONVERSI FLOWCHART KE KODE PROGRAM BAHASA PEMROGRAMAN PL/SQL MYSQL

  • I Made Sukarsa Universitas Udayana

Abstract

Flowchart merupakan bagan yang menjelaskan secara rinci langkah-langkah dari proses program. Orang dengan mudah dapat memahami urutan proses dari program yang dibuat dengan melihat flowchart saja. Setelah flowchart selesai dibuat barulah dilakukan proses menulis program (coding) sesuai dengan flowchart yang telah dibuat menggunakan bahasa pemrograman yang diinginkan.

Proses menulis program (coding) memerlukan keahlian khusus untuk melakukannya. Orang yang akan melakukan coding haruslah mengetahui struktur dari bahasa pemrograman yang digunakan dan paham dengan bahasa pemrograman tersebut, sehingga banyak orang yang tidak bisa melakukannya atau orang yang sedang belajar pemrograman kesulitan dalam melakukannya. Salah satunya terjadi pada saat pemrograman PL/SQL pada  Mesin MySQL. Oleh sebab itu, dibuat aplikasi konversi flowchart ke dalam bentuk kode program bahasa pemrograman PL/SQL khusus untuk database MySQL.

Pada Aplikasi ini, pengguna hanya perlu menggambar flowchart pada aplikasi dan kode program PL/SQL MySQL yang bersesuaian dengan flowchart tersebut akan tercipta dan telah diuji dapat berjalan sesuai ketentuan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

I Made Sukarsa, Universitas Udayana

Staff Pengajar Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Kampus Bukit Jimbaran, Bali, 80361

Published
2012-08-09
How to Cite
SUKARSA, I Made. APLIKASI KONVERSI FLOWCHART KE KODE PROGRAM BAHASA PEMROGRAMAN PL/SQL MYSQL. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, [S.l.], v. 8, n. 2, aug. 2012. ISSN 2503-2372. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/JTE/article/view/1610>. Date accessed: 27 oct. 2020.