Simulasi Penentuan Penempatan Filter Aktif Shunt Untuk Mendapatkan Distorsi Daya Yang Terkecil Di Blue Point Bay Villa & Spa

  • Antonius Ibi Weking Universitas Udayana
  • I Wayan Rinas Universitas Udayana
  • AK Suwardana Universitas Udayana

Abstract

Pengoperasian beban-beban nonlinear dapat menimbulkan distorsi harmonisa dalam bentuk gelombang tegangan dan arus yang mengakibatkan kondisi sistem kelistrikan tidak normal. Blue Point Bay Villa & Spa memiliki kandungan harmonisa yang tidak sesuai dengan standar IEEE 519-1992. Kandungan THD (Total Harmonics Distortion) arus yang berlebih dapat menyebabkan kualitas daya sistem menjadi lebih buruk, sehingga menyebabkan faktor daya sistem menjadi lebih rendah. Filter aktif shunt berbasis inverter yang bertujuan untuk meredam harmonisa yang muncul. Dalam penelitian ini dilakukan simulasi penggunaan filter aktif menggunakan sofware simulink MATLAB, pengelompokkan jenis beban nonlinear, perhitungan daya aktif (P) dan arus beban (IL), simulasi pada sistem sebelum dan sesudah penggunaan filter aktif, analisis daya distorsi (D), analisis THD hasil simulasi sesuai dengan IEEE 519-1992 yang ditentukan dan analisis penempatan filter aktif shunt yang tepat untuk menekan distorsi daya. Hasil analisis menunjukkan pemasangan filter aktif menyebabkan kandungan THD arus dan tegangan telah sesuai dengan IEEE 519-1992 yang ditentukan. Daya distorsi harmonisa pada sistem mengalami penurunan dan terjadi peningkatan faktor daya mendekati unity power factor pada feeder. Penempatan filter aktif shunt yang baik untuk menurunkan THD dan distorsi daya yaitu pada SDP 2 MDP 2 yaitu 7.551,23 VA.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Antonius Ibi Weking, Universitas Udayana
Jurusan Teknik Elektro, Universitas Udayana
I Wayan Rinas, Universitas Udayana
Jurusan Teknik Elektro, Universitas Udayana
AK Suwardana, Universitas Udayana
Jurusan Teknik Elektro, Universitas Udayana

References

[1] Antaka, E. P. 2009, Analisis Penggunaan Filter Aktif Shunt untuk Menanggulangi THD (Total Harmonic Distortion) di RSUP Sanglah, Jimbaran , Jurusan Teknik Elektro Universitas Udayana
[2] Duffey, C. K. 1989, Update of Harmonic Standard IEEE-51, IEEE Transaction on Industry Application, Vol.25. No.6, November 1989.
[3] Dugan ; McGranaghan ; Santoso ; Beaty . 1996, Electrical Power System Quality - Second Edition, USA : McGraw-Hill.
[4] Dugan, Rizy. 2001, Harmonic Considerations for Electrical Distribution Feeders, National Technical Information Service, Report No. ORNL/Sub/81-95011/4 (Cooper Power Systems as Bulletin 87011, “Electrical Power System Harmonics, Design Guide”).
[5] Hermanto; Bambang; 1996, Phenomena Harmonik di Sistem DistribusiTenaga Listrik : Masalah, Penyebab dan Usaha Mengatasinya, Majalah Energi & Listrik Vol.VI.
[6] Kazibwe; Musoke, 1993, Electrical Power Quality Control Techniques, Van Nostrand Reinhold.
[7] ______, Modeling and Simulation Of The Propagation In Electrical Power Network, 1996. IEE Transaction on Power Delivery, Vol.11
How to Cite
IBI WEKING, Antonius; RINAS, I Wayan; SUWARDANA, AK. Simulasi Penentuan Penempatan Filter Aktif Shunt Untuk Mendapatkan Distorsi Daya Yang Terkecil Di Blue Point Bay Villa & Spa. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, [S.l.], v. 12, n. 2, dec. 2013. ISSN 2503-2372. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jte/article/view/15550>. Date accessed: 19 apr. 2024.

Keywords

Harmonisa, inverter, dan filter aktif