Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Customisable Sebagai Alat Analisis Pengelolaan Energi Listrik Di Pt. Indovillas Bali

  • I Made Sukafona Universitas Udayana
  • Nyoman S Kumara Universitas Udayana
  • I Ketut Gede Dharmaputra Universitas Udayana

Abstract

Sistem informasi manajemen customizable sebagai alat analisis pengelolaan energi listrik di PT. Indovillas Bali merupakan suatu alat yang digunakan untuk mengelola data penggunaan energi listrik. Sistem customizable yaitu dapat disesuaikan dengan keadaan dimasing-masing vila, alur dan kebutuhan sistem dibuat dinamis agar dapat disesuaikan dengan keadaan. Dalam sistem terdapat sub-sub sistem berdasarkan para pengguna sistem yang memiliki database yang terpisah dengan hak akses sesuai dengan otoritas yang diberikan sistem. Hasil yang diharapkan dari sistem adalah report pengelolaan energi listrik yang terdiri dari  report penggunaan secara keseluruhan yang meliputi besaran konsumsi energi listrik setiap hari. Tingkat hunian kamar, serta batasan-batasan penggunaan energi listrik sebagai indikator perbandingan dengan data konsumsi energi listrik per hari Setiap bulan. Sistem juga diharapkan dapat menghasilkan potensi penghematan dari konsumsi energi listrik. Hasil dari keluaran sistem diharapkan dapat menjadi acuan utama  bagi manajer energi atau engineer dalam menentukan langkah-langkah yang tepat dalam penggunaan energi listrik yang efisien dan efektif. Bagi top manajemen, laporan ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan harga sewa vila, dan memberikan informasi lebih terperinci tentang biaya konsumsi energi dalam pertanggungjawaban kepada pemilik vila.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

I Made Sukafona, Universitas Udayana
Magister Teknik Elektro, Universitas Udayana
Nyoman S Kumara, Universitas Udayana
Magister Teknik Elektro, Universitas Udayana
I Ketut Gede Dharmaputra, Universitas Udayana
Magister Teknik Elektro, Universitas Udayana
Published
2013-06-01
How to Cite
SUKAFONA, I Made; S KUMARA, Nyoman; DHARMAPUTRA, I Ketut Gede. Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Customisable Sebagai Alat Analisis Pengelolaan Energi Listrik Di Pt. Indovillas Bali. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, [S.l.], v. 12, n. 1, june 2013. ISSN 2503-2372. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/JTE/article/view/11606>. Date accessed: 19 june 2019.

Keywords

Sistem informasi manajemen, audit energi listrik, website, alat analisis