Implementasi Business Intelligence Untuk Menentukan Tingkat Kasus Covid-19 di Indonesia

  • Ni Made Elvina Aryadhika Putri Universitas Udayanna
  • I Putu Ryan Paramaditya Universitas Udayanna
  • Ida Bagus Made Swarbawa Universitas Udayanna
  • Gede Lucky Aldi Arsa Universitas Udayanna
  • Ida Bagus Made Mahendra Universitas Udayanna

Abstract

Covid 19 atau SARS-CoV-2 merupakan sebuah penyakit yang menyerang sistem pernapasan yang dikenal pertama kali terjadi di Wuhan China pada akhir Desember 2019, penyebaran dari Covid-19 yang masif mengimflansi seluruh dunia sehingga WHO memutuskan bahwa Covid-19 merupakan pandemi global melalui keputusan tersebut pandemi Covid-19 hingga kini terus menjadi ancaman bagi banyak negara termasuk Indonesia.


Teknologi informasi adalah teknologi yang membantu manusia membuat, memodifikasi, menyimpan, mengomunikasikan, dan/atau menyebarkan informasi. Business Intelligence (BI) adalah kumpulan aktivitas dan strategi yang digunakan untuk memahami situasi bisnis dengan melakukan berbagai jenis analisis pada data yang dimiliki oleh organisasi dan data eksternal dari pihak ketiga untuk membantu membuat keputusan bisnis yang strategis, taktis, dan operasional serta mengambil tindakan untuk meningkatkan bisnis. Penggunaan Business Intelligence (BI) sebagai sebuah sarana dalam melakukan peningkatan sistem pencegahan Covid-19 melalui sistem BI diharapkan penyebaran Covid-19 dapat diredam, diprediksi, dan dapat ditekan sehingga jumlah penderita Covid-19 dapat berkurang atau bahkan mencapai angka 0.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-31
How to Cite
PUTRI, Ni Made Elvina Aryadhika et al. Implementasi Business Intelligence Untuk Menentukan Tingkat Kasus Covid-19 di Indonesia. JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana), [S.l.], v. 10, n. 1, p. 143-152, aug. 2021. ISSN 2654-5101. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jlk/article/view/73841>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JLK.2021.v10.i01.p17.

Most read articles by the same author(s)