Implementasi Sistem Absensi Mahasiswa Menggunakan Bluetooth Pada Program Studi Teknik Informatika FMIPA Universitas Udayana

  • I Gusti Ngurah Alit Indrawan Mahasiswa
  • Made Agung Raharja

Abstract

Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju serta penggunaan hardware pada berbagai aktivitas kerja yang di dukung oleh berbagai macam software sebagai penunjang kebutuhan user yang sangat menjanjikan terutama untuk pengabsensian. Sistem absensi merupakan salah satu hal yang utama khususnya dalam suatu kehadiran. Bluetooth adalah sebuah teknologi komunikasi nirkabel (tanpa kabel) yang bekerja dengan cara mengirimkan data melalui sinyal radio pada frekuensi 2,4 GigaHertz. Sistem Absensi menggunakan Bluetooth merupakan sebuah aplikasi berbasis Android yang dapat digunakan untuk melakukan absensi mahasiswa dengan cara mencocokan Bluetooth address pengguna dan Bluetooth address ruangan kuliah sesuai dengan jadwal pengguna.


Keywords: Bluetooth, Android, Absensi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-10-01
How to Cite
ALIT INDRAWAN, I Gusti Ngurah; AGUNG RAHARJA, Made. Implementasi Sistem Absensi Mahasiswa Menggunakan Bluetooth Pada Program Studi Teknik Informatika FMIPA Universitas Udayana. JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana), [S.l.], v. 9, n. 1, p. 39-46, oct. 2020. ISSN 2654-5101. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jlk/article/view/57377>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JLK.2020.v09.i01.p04.