ANALISIS KINERJA ANOMALY-BASED INTRUSION DETECTION SYSTEM (IDS) DALAM MENDETEKSI SERANGAN DOS (DENIAL OF SERVICES) PADA JARINGAN KOMPUTER

  • I Gusti Ngurah Arya Sucipta
  • I Made Widhi Wirawan
  • Agus Muliantara

Abstract

Sistem Deteksi Intrusi berdasarkan anomali adalah sistem keamanan jaringan yang berfungsiuntuk mendeteksi adanya gangguan-gangguan pada jaringan komputer dengan cara mendeteksigangguan-gangguan tersebut berdasarkan pola-pola anomali yang ditimbulkan. Serangan Denialof Services (DoS) adalah salah satu contoh jenis serangan yang dapat mengganggu infrastrukturdari jaringan komputer, serangan jenis ini memiliki suatu pola khas, dimana dalam setiapserangannya akan mengirimkan sejumlah paket data secara terus-menerus kepada targetserangannya. Dengan menggunakan metode deteksi anomali, serangan DoS dapat dideteksidengan mengidentifikasi pola-pola anomali yang ditimbulkan. Metode deteksi berdasarkananomali memiliki tingkat kesalahan deteksi yang cukup besar, namun memiliki keunggulanuntuk mendeteksi jenis-jenis pola serangan baru.Sistem Deteksi Intrusi mempunyai kemampuan untuk menganalisa trafik jaringan danmengenali adanya intrusi yang datang atau yang sedang terjadi dengan membangun baselinesebagai dasar untuk membedakan trafik normal dan abnormal. Baseline yang tepat sangatmenentukan terhadap terdeteksinya suatu serangan, maka dari itu dalam penelitian ini fokusuntuk meneliti Sistem Deteksi Intrusi berdasarkan anomali dinama informasi dari baselinedibangun berdasarkan karakteristik jaringan yang sebenarnya untuk dapat menentukan nilaibaseline yang terbaik. Kinerja dari sistem telah diuji melalui simulasi serangan, dimana SistemDeteksi Intrusi berdasarkan anomali memiliki tingkat akurasi sebesar 87,5 % untuk seranganDoS UDP Flood.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-03-01
How to Cite
SUCIPTA, I Gusti Ngurah Arya; WIRAWAN, I Made Widhi; MULIANTARA, Agus. ANALISIS KINERJA ANOMALY-BASED INTRUSION DETECTION SYSTEM (IDS) DALAM MENDETEKSI SERANGAN DOS (DENIAL OF SERVICES) PADA JARINGAN KOMPUTER. JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana), [S.l.], p. 8-13, mar. 2013. ISSN 2654-5101. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jlk/article/view/4894>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Anomali; Threshold; Denial of Services; Sistem Deteksi Intrusi