Pengembangan Front End Aplikasi Keluhan Pelanggan PDAM Tirta Amertha Jati Kabupaten Jembrana

  • I Gusti Ngurah Mahayasa Universitas Udayana

Abstract

PDAM Tirta Amertha Jati atau PDAM Jembrana merupakan Badan Usaha milik Pemerintah Kabupaten Jembrana, yang memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok masyarakat akan air. Sistem yang tersedia di PDAM Jembrana kebanyakan masih dilakukan secara manual, hanya pembayaran saja yang sudah dilakukan melalui online. PDAM Jembrana sering mendapat keluhan bermacam-macam, jadi diperlukan suatu aplikasi untuk mengatasi keluhan pelanggan secara online. Aplikasi keluhan pelanggan PDAM Jembrana ini dibuat dengan menerapkan metode Extreme Programming (XP) dan hanya berfokus pada front end atau tampilan depan aplikasi saja. Dan pengujian dilakukan dengan menggunakan black box. Hasil dari penerapan metode tersebut adalah terciptanya aplikasi keluhan pelanggan yang dapat membantu PDAM dalam mengatasi keluhan pelanggan.


Kata Kunci : Front End, Extreme Programming (XP), Black Box

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-11-14
How to Cite
MAHAYASA, I Gusti Ngurah. Pengembangan Front End Aplikasi Keluhan Pelanggan PDAM Tirta Amertha Jati Kabupaten Jembrana. JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana), [S.l.], v. 7, n. 2, p. 8-15, nov. 2018. ISSN 2654-5101. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jlk/article/view/44986>. Date accessed: 29 mar. 2024.