Pengembangan Aplikasi Backend Pembuatan Surat (E-Surat) Dinas Komunikasi, Informatika, Dan Statistik Provinsi Bali

  • I Gede Indra Rudyarta Universitas Udayana

Abstract

Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali merupakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memiliki tugas untuk menyelesaikan permasalahan Teknologi Informasi (TI) dilingkungan Pemerintah Provinsi Bali maupun semua daerah yang ada di Provinsi Bali. Setiap instansi dalam melaksanakan tugas atau pekerjaan yang telah direncanakan harus mengeluarkan surat perintah tugas atau SPT dari pihak yang berwenang agar dapat menugaskan pegawai/staff untuk melakukan suatu pekerjaan. Selain SPT terdapat surat tambahan yaitu SPPD, namun dalam pembuatannya dan pengarsipannya masih menggunakan cara manual. Tujuan dari penelitian yaitu pembuatan aplikasi E-Surat Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali yang dibuat dengan metode SDLC dengan menggunakan hosting baliprov.go.id dan database MySQL. Aplikasi diharapkan dapat dapat membantu melakukan pembuatan surat secara mudah, cepat, dan meminimalisir kesalahan yang ada dan pengarsipan surat yang lebih baik. Sehingga dengan adanya aplikasi ini kinerja pegawai Dinas Komunikasi, Informatika, Dan Statistik Provinsi Bali dapat lebih optimal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-11-14
How to Cite
RUDYARTA, I Gede Indra. Pengembangan Aplikasi Backend Pembuatan Surat (E-Surat) Dinas Komunikasi, Informatika, Dan Statistik Provinsi Bali. JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana), [S.l.], v. 7, n. 2, p. 35-47, nov. 2018. ISSN 2654-5101. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jlk/article/view/44883>. Date accessed: 13 nov. 2024.