Utilization of Essential Oil of Lemongrass (Cymbopogon citratus) as a Bio-pesticide to Control Plutella xylostella (Lepidoptera: Plutellidae)

  • I PUTU SUDIARTA Faculty of Agriculture Udayana University
  • KETUT SUMIARTHA Faculty of Agriculture Udayana University
  • NYOMAN SEMADI ANTARA Faculty of Food and Agriculture Technology Udayana University

Abstract

ABSTRAK

Pemanfaatan Minyak Atsiri Sereh Dapur (Cymbopogon citratus) sebagai Biopestisida untuk Mengendalikan Plutella xylostella (Lepidoptera: Plutellidae)

Informasi tentang efikasi dan pitotoksisitas dari minyak atsiri sereh dapur sangat diperlukan dalam memanfaatkan minyaknya untuk mengendalikan Plutella xylostella. Penelitian efikasi minyak sereh di laboratorium sudah dilakukan sebagai penelitian pendahuluan sebelum melakukan penelitian di lapangan. Penelitian lapangan yang bertujuan untuk mengetahui efikasi dan pitotoksisitas minyak sereh dapur dilakukan di Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng (1200 m dpl). Hasil penelitian menunjukan, minyak atsiri sereh dapur pada konsentrasi 10 % menimbulkan gejala terbakar pada daun kubis. Sedangkan pada konsentrasi 2.5 % dan 5 % menunjukan gejala perubahan warna dari hijau menjadi ungu. Tetapi pada konsentrasi rendah 1 %, 0.5 %, dan 0.1 % minyak sereh tidak memiliki pengaruh pitotoksik terhadap tanaman kubis. Pengaruh minyak sereh terhadap populasi P. xylostella menunjukan tidak beda nyata pada konsentrasi rendah. Tetapi pada umumnya dapat menekan populasi P. xylostella dibandingkan dengan kontrol. Berdasarkan penelitian tersebut maka minyak sereh dapur dapat dimanfaatkan sebagai pengendali P. xylostella pada konsentrasi rendah yaitu dibawah konsentrasi 1 %, karena pada konsentrasi tersebut minyak sereh tidak bersifat pitotoksik dan mampu menekan pupulasi P. xylostella di laboratorium maupun di lapangan.

Kata kunci: minyak atsiri sereh dapur, Plutella xylostella, efikasi, pitotosisitas

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-01-31
How to Cite
SUDIARTA, I PUTU; SUMIARTHA, KETUT; ANTARA, NYOMAN SEMADI. Utilization of Essential Oil of Lemongrass (Cymbopogon citratus) as a Bio-pesticide to Control Plutella xylostella (Lepidoptera: Plutellidae). Jurnal Agroekoteknologi Tropika (Journal of Tropical Agroecotechnology), [S.l.], jan. 2013. ISSN 2301-6515. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jat/article/view/4573>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles