EFEKTIVITAS PROGRAM SIMPAN PINJAM KELOMPOK PEREMPUAN (SPP) PNPM MANDIRI PERDESAAN DI KECAMATAN KUTA SELATAN KABUPATEN BADUNG

  • Maria Vianney Chinggih Widanarto Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Ketut Sudibia Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Kemiskinan merupakan salah satu masalah sosial yang kompleks karena tidak saja berkaitan dengan rendahnya pendapatan dan konsumsi tetapi juga berkaitan dengan pendidikan, kesehatan dan kesempatan kerja. Indonesia sebagai salah satu negara berkembang tidak luput dari kemiskinan yang melanda dunia. Bali sebagai daerah pariwisata juga tidak luput dari masalah kemiskinan. Pemerintah pusat maupun daerah selama ini telah melaksanakan berbagai program penanggulangan kemiskinan, salah satunya adalah Program Simpan Pinjam Perempuan (SPP). Program SPP adalah suatu program simpan pinjam khusus bagi kaum perempuan berupa dana bergulir yang disalurkan untuk usaha peningkatan kesejahteraan kaum perempuan melalui kelompok simpan pinjam kaum perempuan. Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung merupakan salah satu daerah yang telah melaksanakan program SPP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas program SPP serta dampaknya terhadap pendapatan dan kesempatan kerja kaum perempuan di Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung.

Efektivitas program diukur dengan variabel input, variabel proses dan variabel output. Variabel input meliputi: sosialisasi program, ketepatan waktu pemberian bantuan, kecukupan jumlah bantuan, dan ketepatan sasaran program. Variabel proses meliputi ketepatan penggunaan dana bantuan, ketepatan waktu pengembalian bantuan, pendampingan dan evaluasi/monitoring, dan variabel output meliputi pendapatan peserta sebelum mengikuti program, pendapatan peserta sesudah mengikuti program, kesempatan kerja peserta sebelum mengikuti program, dan kesempatan kerja peserta sesudah mengikuti program. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah matematika dan deskriptif sederhana untuk mengetahui efektivitas program serta analisis statistik, yaitu uji beda rata-rata pengamatan berpasangan untuk mengetahui peranan program dalam peningkatan pendapatan dan kesempatan kerja.

Hasil analisis menunjukkan, bahwa tingkat efektivitas program SPP di Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung sangat efektif serta dampak program terhadap pendapatan dan kesempatan kerja perempuan adalah positif dan signifikan pada alpha 5 persen. Disarankan agar jumlah bantuan yang diberikan lebih ditingkatkan, penggunaan bantuan lebih tepat guna dan pendampingan yang telah dilaksanakan ditingkatkan lagiĀ  sehingga program dapat berkelanjutan dalam meningkatkan pendapatan serta kesempatan kerja kaum perempuan.

Kata Kunci : efektivitas, pendapatan, kesempatan kerja

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-03-13
How to Cite
CHINGGIH WIDANARTO, Maria Vianney; SUDIBIA, Ketut. EFEKTIVITAS PROGRAM SIMPAN PINJAM KELOMPOK PEREMPUAN (SPP) PNPM MANDIRI PERDESAAN DI KECAMATAN KUTA SELATAN KABUPATEN BADUNG. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], mar. 2016. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/9481>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

efektivitas, pendapatan, kesempatan kerja