PERAN BRAND IMAGE MEMEDIASI PENGARUH SOCIAL MEDIA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA LAZADA

  • Ni Wayan Shanti Dwi Nurani Feb Unud
  • I Gusti Agung Ketut Ardani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/EEB.2023.v12.i11.p08

Abstrak

Perkembangan teknologi dan internet memiliki dampak yang besar terhadap perubahan bisnis. Platform e-commerce menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Lazada merupakan salah satu e-commerce di Indonesia dengan tingkat top of mind share, market share, dan commitment share yang rendah dibandingkan pesaingnya menurut data Top Brand Index. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menjelaskan peran brand image memediasi social media terhadap keputusan pembelian pada Lazada. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan alat bantu kuesioner. Sampel ditentukan menggunakan model non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis SEM berbasis PLS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh hipotesis diterima. Social media berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan pembelian pada Lazada. Social media berpengaruh positif signifikan terhadap Brand Image Pada Lazada. Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan pembelian pada Lazada. Brand Image Memediasi pengaruh Social media terhadap Keputusan pembelian pada Lazada.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2023-11-30
##submission.howToCite##
NURANI, Ni Wayan Shanti Dwi; ARDANI, I Gusti Agung Ketut. PERAN BRAND IMAGE MEMEDIASI PENGARUH SOCIAL MEDIA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA LAZADA. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 2195-2205, nov. 2023. ISSN 2337-3067. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/86797>. Tanggal Akses: 17 dec. 2025 doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2023.v12.i11.p08.
Bagian
Articles