PERAN KECERDASAN EMOSIONAL MEMODERASI PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA ORGANISASI PUBLIK

  • A.A. Sagung Ngurah Satya Utami Utami Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Wayan Gede Supartha Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Indonesia

Abstract

Organizational Citizenship Behavior memainkan peranan penting dalam meningkatkan pelayanan kepada para pelanggan. Untuk itu perlu dikaji variabel kepemimpinan transformsional dan kecerdasan emosional dalam kaitannya dengan Organizational Citizenship Behavior. Tujuan dari penelitian ini adalah :  1) Untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap organizational citizenship behavior dan 2) untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap organizational citizenship behavior yang dimoderasi oleh kecerdasan emosional.  Variabel dalam penelitian ini adalah: kepemimpinan transformsional, kecerdasan emosional dan Organizational Citizenship Behavior. Teknik analisis Moderating Regression Analysis (MRA) dipergunakan dalam penelitian ini, untuk mengungkap peran moderasi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 108 pegawai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior serta kecerdasan emosional mampu memoderasi pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap Organizational Citizenship Behavior. Untuk meningkatkan OCB maka perlu diperkuat kepemimpinan transformasional serta kecerdasan emosional pegawai perlu di tingkatkan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-03-29
How to Cite
UTAMI, A.A. Sagung Ngurah Satya Utami; SUPARTHA, I Wayan Gede. PERAN KECERDASAN EMOSIONAL MEMODERASI PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA ORGANISASI PUBLIK. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 361-374, mar. 2023. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/85744>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2023.v12.i03.p01.
Section
Articles