PENGARUH CITRA MEREK, KESADARAN MEREK, DAN PEMASARAN DIGITAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AMDK AQUA

  • Anak Agung Inta Setya Dewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa, Bali Indonesia
  • Ni Luh Putu Indiani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa, Bali Indonesia http://orcid.org/0000-0003-4105-9407

Abstract

Terdapat sejumlah merek air minum dalam kemasan (AMDK) di pasaran, AQUA sebagai pelopor AMDK telah berhasil menjadi pemimpin pasar dalam industri. Hal ini menimbulkan ketertarikan untuk menganalisis faktor-faktor yang mendorong AQUA menjadi pemimpin pasar AMDK di Indonesia. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh brand image, brand awareness, dan digital marketing terhadap keputusan pembelian AQUA di kota Denpasar. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat kota Denpasar yang pernah mengkonsumsi AMDK. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 100 orang. Pengumpulan data mempergunakan metode survey dengan kuesioner. Teknik analisis regresi linier berganda digunakan untuk menguji pengaruh variabel bebas terhadap variabel dependen. Hasil penelitian ini menemukan bahwa brand image dan digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, namun brand awareness berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Untuk meningkatkan brand image, AQUA perlu memiliki karakter yang khas, memiliki keunikan dan keunggulan dibandingkan kompetitornya. Untuk meningkatkan kinerja aspek digital marketing, AQUA perlu mengembangkan pemasaran di media digital yaitu pada website resmi, media sosial, search engine, dan melakukan affiliate marketing.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-18
How to Cite
DEWI, Anak Agung Inta Setya; INDIANI, Ni Luh Putu. PENGARUH CITRA MEREK, KESADARAN MEREK, DAN PEMASARAN DIGITAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AMDK AQUA. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 87-96, jan. 2022. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/EEB/article/view/75233>. Date accessed: 23 may 2022. doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2022.v11.i01.p08.
Section
Articles