PENGARUH INFLASI TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN PROPERTI DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (RISIKO SISTEMATIS DAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI)

  • Made Ayu Desy Geriadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali, Indonesia
  • I Gusti Bagus Wiksuana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inflasi terhadap return saham, risiko sistematis dan profitabilitas sebagai variabel mediasi pada perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan properti dan real estate  yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan metode purposive dan jumlah sampel penelitian ini sebanyak 25 perusahaan. Data penelitian merupakan data sekunder yang diperoleh dari website Bursa  Efek  Indonesia dan  Indonesia  Capital  Market  Directory  dari  tahun  2011 sampai dengan tahun 2015. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan teknik analisis jalur (path analysis), dengan alat bantu aplikasi SPSS.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) inflasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap return saham. (2) risiko sistematis berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham. (3) profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham. (4) inflasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap risiko sistematis (5) inflasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas. Risiko sistematis dan profitabilitas tidak memediasi pengaruh inflasi terhadap return saham.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-09-08
How to Cite
GERIADI, Made Ayu Desy; WIKSUANA, I Gusti Bagus. PENGARUH INFLASI TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN PROPERTI DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (RISIKO SISTEMATIS DAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 3435-3462, sep. 2017. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/EEB/article/view/33381>. Date accessed: 09 feb. 2023. doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2017.v06.i09.p10.
Section
Articles