PENGARUH KEPEMIMPINAN, PEMBERDAYAAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN DIREKTORAT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PADA KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM TIMOR LESTE

  • Ladislau Maria das Dores de Jesus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali, Indonesia

Abstract

Kepemimpinan memegang peranan penting dalam suatu organisasi. Pemimpin adalah motor pengerak utama dalam organisasi agar semua tujuan, visi dan misi organisasi bisa tercapai. Untuk mencapai semuanya itu organisasi perlu memperhatikan upaya pemberdayaan karyawan agar bisa berkontribusi secara maksimal kepada organisasi yaitu melalui pelatihan kepada karyawan, memberikan kesempatan kepada karyawan untuk lebih berpartisipasi dalam pembuatan kebijakan serta memberikan sumber daya yang mencukupi agar karyawan bisa bekerja secara maksimal. Motivasi adalah daya penggerak tingkah laku. Agar karyawan bisa termotivasi untuk bekerja lebih optimal dan memberikan seluruh daya upayanya kepada organisasi maka karyawan perlu didukung dengan memberikan perhatian kepada kebutuhan karyawan. Kebutuhan tersebut bisa dalam bentuk financial maupun non financial.


            Populasi dalam penelitian ini adalah semua pegawai negeri di kantor Direktorat Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum Timor Leste. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah metode sensus dan jumlah sampel sebanyak 36 orang. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan  analisis regresi linier berganda dengan program pengola data yaitu SPSS versi 13.0.


            Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai (2) Pemberdayaan berpengaruh positif dan signifikan  terhadap Kinerja Pegawai (3) Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai.


            Dalam penelitian ini banyak keterbatasan dan apabila akan dilakukan replikasi dimasa datang diharapkan menambah jumlah populasi, obyeknya tidak satu institusi (lebih majemuk), dan sampelnya para karyawan tanpa melihat Jenjang atau strata , dan dimungkinkan ditambah variabel lain yang ada kaitannya dengan tema tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-09-08
How to Cite
DAS DORES DE JESUS, Ladislau Maria. PENGARUH KEPEMIMPINAN, PEMBERDAYAAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN DIREKTORAT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PADA KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM TIMOR LESTE. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 3223-3234, sep. 2017. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/33265>. Date accessed: 16 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2017.v06.i09.p01.
Section
Articles