Analisis Hubungan Status Kepegawaian, Komitmen Organisasional dan Kinerja Karyawan Di Yayasan Dharma Widya Ulangun Denpasar

  • I G M RIKO HENDRAJANA Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Desak Ketut Sintaasih Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Putu Saroyini Priartrini

Abstract

Status kepegawaian adalah keadaan yang membedakan pegawai yang satu dengan yang lain dalam perusahaan atau organisasi. Dalam kenyataannya status kepegawaian dibedakan menjadi pegawai tetap dan pegawai tidak tetap. Komitmen organisasional ditinjau dari status kepegawaian menjadi variabel penting untuk meningkatkan kinerja karyawan yang menunjukkan keyakinan dan dukungan yang kuat terhadap nilai dan sasaran yang ingin dicapai oleh organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh status kepegawaian terhadap kinerja karyawan dan untuk menganalisis pengaruh komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan.

Penelitian ini dilakukan di Yayasan Dharma Widya Ulangun Denpasar dengan sampel penelitian sebanyak 68 orang pegawai, terdiri dari 16 orang pegawai tetap dan 52 orang pegawai tidak tetap, ditentukan secara stratified proporsional random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah uji one way Anova dan analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) status kepegawaian berpengaruh negatif terhadap kinerja karyawan. Hasil ini dapat diartikan bahwa semakin      tinggi perbedaan status kepegawaian maka kinerja karyawan akan menurun.             2) komitmen organisasional berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Hasil ini dapat diartikan bahwa semakin tinggi komitmen organisasional maka kinerja karyawan akan meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-12-29
How to Cite
HENDRAJANA, I G M RIKO; SINTAASIH, Desak Ketut; PRIARTRINI, Putu Saroyini. Analisis Hubungan Status Kepegawaian, Komitmen Organisasional dan Kinerja Karyawan Di Yayasan Dharma Widya Ulangun Denpasar. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], dec. 2016. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/24339>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Kinerja, status kepegawaian, komitmen organisasional.

Most read articles by the same author(s)