PENGARUH LUAS LAHAN, TENAGA KERJA, DAN PELATIHAN MELALUI PRODUKSI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP PENDAPATAN PETANI ASPARAGUS DI DESA PELAGA KECAMATAN PETANG KABUPATEN BADUNG

  • Ni Nyoman Tri Astari
  • Nyoman Djinar Setiawina Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh langsung luas lahan,tenaga kerja, dan pelatihan terhadap pendapatan petani asparagus di Desa PelagaKecamatan Petang Kabupaten Badung serta menganalisis pengaruh tidak langsung luaslahan, tenaga kerja, dan pelatihan melalui produksi terhadap pendapatan asparagus diDesa Pelaga Kecamatan Petang Kabupaten Badung. Hasil penelitian menunjukan bahwa:luas lahan, dan tenaga kerja secara langsung tidak berpengaruh terhadap pendapatanpetani asparagus. Sementara pelatihan berpengaruh signifikan terhadap pendapatanpetani. Melalui produksi bahwa luas lahan dan pelatihan tidak berpengaruh terhadappendapatan petani asparagus. Luas lahan maupun pelatihan secara langsung tidakberpengaruh terhadap produksi, walaupun produksi berpengaruh signifikan terhadap pendapatan, maka dapat disimpulkankan bahwa produksi tidak memediasi pengaruh luaslahan maupun pelatihan terhadap pendapatan. Tenaga Kerja di mediasi oleh produksidalam pengaruhnya terhadap pendapatan. Hal ini terbukti dari pengaruh tenaga kerja yangsignifikan terhadap produksi dan produksi berpengaruh signifikan terhadap pendapatan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-07-25
How to Cite
ASTARI, Ni Nyoman Tri; SETIAWINA, Nyoman Djinar. PENGARUH LUAS LAHAN, TENAGA KERJA, DAN PELATIHAN MELALUI PRODUKSI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP PENDAPATAN PETANI ASPARAGUS DI DESA PELAGA KECAMATAN PETANG KABUPATEN BADUNG. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], july 2016. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/14993>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

luas lahan, tenaga kerja, pelatihan, produksi dan pendapatan petani

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>