FINANCIAL SUSTAINABILITY BERBASIS BUDAYA (STUDI PADA LEMBAGA PERKREDITAN DESA DI BALI)

  • Ni Luh Putu Wiagustini Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia
  • Ida Bagus Panji Sedana Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia
  • Ni Putu Ria Aprilia Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia
  • Graceila Regia Margareth Simanjuntak Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, Bali, Indonesia

Abstract

Lembaga Perkreditan Desa (LPD) di Bali memiliki peranan yang strategis dalam meningkatkan perekonomian Desa, terutama pembiayaan untuk usaha mikro kecil menengah. LPD saat ini menghadapi persaingan dari Lembaga keuangan sejenis yang beroperasi di Bali. Penelitian ini bertujuan untuk menganalis pengaruh Modal Budaya yang meliputi Budaya Kolektif dan Budaya Organisasi pada financial sustainability. Populasi penelitian adalah Lembaga Perkreditan Desa di Bali yang memiliki katagori sehat dan cukup sehat dengan jumlah 1.145 unit. Penentuan besarnya sampel dilakukan dengan menggunakan rumus Slovin, yaitu sebanyak 100 unit, sampel diambil dengan stratified proportional random sampling berdasarkan jumlah unit di kabupaten/kota di Bali. Metode analisis yang digunakan adalah Smart-PLS, ditemukan bahwa Modal Budaya yang meliputi Budaya Kolektif dan Budaya Organisasi mampu meningkatkan financial sustainability.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-29
How to Cite
WIAGUSTINI, Ni Luh Putu et al. FINANCIAL SUSTAINABILITY BERBASIS BUDAYA (STUDI PADA LEMBAGA PERKREDITAN DESA DI BALI). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 300-310, feb. 2024. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/112252>. Date accessed: 18 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2024.v13.i02.p09.
Section
Articles