Kandungan Timbal (Pb) Pada Sedimen Di Perairan Pantai Karang, Sanur, Bali

The Content of Lead (Pb) in Sediments in the Waters of Karang Beach, Sanur, Bali

  • Ni Putu Shinta Sainitha Dewi Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Kelautan dan Perikanan, Universitas Udayana
  • Ima Yudha Perwira Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Kelautan dan Perikanan, Universitas Udayana
  • Ni Made Ernawati Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Kelautan dan Perikanan, Universitas Udayana

Abstract

Pantai Karang merupakan pantai yang cukup padat dikunjungi wisatawan. Untuk menjaga kelestarian pantai ini penting untuk dilakukan monitoring, salah satunya yaitu dengan menjaga kondisi perairan ini agar tetap stabil. Di pantai ini selain menjadi tempat rekreasi juga terdapat lokasi pemberhentian boat yang diduga menjadi sumber pencemaran logam berat. Kandungan logam berat di suatu perairan dapat diketahui dari beberapa komponen diantaranya air, biota dan sedimen. Logam berat pada sedimen lebih tinggi dibandingkan dengan di air, hal ini dikarenakan logam berat dalam jangka waktu tertentu akan mengalami pengendapan. Logam berat di suatu perairan juga dipengaruhi oleh parameter kualitas air diantaranya pH dan salinitas. Semakin tinggi pH dan salinitas maka perairan tersebut akan bersifat basa sehingga hal tersebut dapat berpengaruh terhadap kelarutan logam berat pada sedimen. Hasil uji logam berat Pb pada sedimen di perairan Pantai Karang berkisar antara 1,360 mg/kg hingga 7,148 mg/kg. Hasil pengukuran salinitas pada perairan Pantai Karang berkisar antara 30,3-31,6 ppt, sedangkan hasil pengukuran pH menunjukkan pH di perairan ini berkisar antara 8,0-8,2.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-02-28
How to Cite
DEWI, Ni Putu Shinta Sainitha; PERWIRA, Ima Yudha; ERNAWATI, Ni Made. Kandungan Timbal (Pb) Pada Sedimen Di Perairan Pantai Karang, Sanur, Bali. Current Trends in Aquatic Science, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 76-80, feb. 2020. ISSN 2621-7473. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/CTAS/article/view/52480>. Date accessed: 25 nov. 2020.

Most read articles by the same author(s)