Tingkat Reduksi Kromium Heksavalen (Cr6+) pada Air dengan Menggunakan Kombinasi Kultur Chlorella sp. dan Spirulina sp.

Reduction Rate of Hexavalent Chromium (Cr6 +) in Water Using Combination Culture of Chlorella sp. and Spirulina sp.

  • Anisa Oka Dina Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Kelautan dan Perikanan, Universitas Udayana
  • I Wayan Darya Kartika Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Kelautan dan Perikanan, Universitas Udayana
  • Ima Yudha Perwira Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Kelautan dan Perikanan, Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan dari Chlorella sp. dan Spirulina sp. pada kultur kombinasi dalam mereduksi logam berat kromium heksavalen (Cr6+) dalam air. Penelitian ini dilakukan di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara dari bulan Desember 2018 sampai Februari 2019. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), yang terdiri dari tiga perlakuan dan tiga kali pengulangan yaitu perlakuan A (Chlorella sp.), perlakuan B (Spirulina sp.), dan perlakuan C (kombinasi).Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kultur kombinasi  Chlorella sp.dan Spirulina sp. menunjukkan tingkat reduksi logam berat kromium heksavalen yang paling tinggi (20%) dibandingkan dengan kultur dari masing-masing secara individu (dari 6,0 ppm menjadi 4,8 ppm). Tidak ada pengaruh dari logam berat kromium heksavalen pada kepadatan fitoplankton selama proses kultur. Kualitas air yang diukur selama penelitian yaitu salinitas dengan nilai 15 ppt, nilai DO berkisar 6,9-7,3 mg/L, nilai suhu 21-22,5?C, dan nilai pH berkisar 7,4-7,9.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-02-20
How to Cite
DINA, Anisa Oka; KARTIKA, I Wayan Darya; PERWIRA, Ima Yudha. Tingkat Reduksi Kromium Heksavalen (Cr6+) pada Air dengan Menggunakan Kombinasi Kultur Chlorella sp. dan Spirulina sp.. Current Trends in Aquatic Science, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 23-29, feb. 2020. ISSN 2621-7473. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/CTAS/article/view/51442>. Date accessed: 18 sep. 2020.